Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Index Card Match Pada Siswa Kelas IVA SD Negeri Sekaran 01 Semarang


Risma Adam. Prasetya, , 1402407107 (2011) Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Index Card Match Pada Siswa Kelas IVA SD Negeri Sekaran 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of .Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Index Card Match Pada Siswa Kelas IVA SD Negeri Sekaran 01 Semarang] Microsoft Word (.Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Index Card Match Pada Siswa Kelas IVA SD Negeri Sekaran 01 Semarang) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran PKn di SD Negeri Sekaran 01 Semarang belum optimal. Metode yang digunakan guru kurang bervariasidan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan materi yang disampaikan oleh guru kurang terserap dengan baik oleh siswa sehingga prestasi belajar yang dicapai 12 dari 25 siswa masih berada dibawah KKM yang ditetapkan. Pembelajaran dengan penerapan strategi Index card Match merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas IVA SD Negeri Sekaran 01 Semarang?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan strategi Index Card Matchpada siswa kelas IVA SD Negeri Sekaran 01 Semarang. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Sekaran 01 Semarang. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA dengan jumlah siswa 25 yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan keterampilanguru, aktivitas siswa dan prestasi belajar Pendidikan kewarganegaraan. Keterampilan guru menunjukkan bahwapada siklus I presentase yang diperoleh 72,5%, pada siklus II prsentasenya 80%, dan pada siklus III presentasenya 90%. Sedangkan aktivitas siswapada siklus I presentasenya adalah 71,7%, pada siklus II presentasenya 80,2%, dan pada siklus III presentasenya 88%. Prestasi hasil belajar siswapada siklus I presentase ketuntasan belajar klasikal siswa yang diperoleh 64%, pada siklus II presentasenya 76%, dan pada siklus III presentasenya 80%. Nilai tersebut memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi Index card Match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya dalam pembelajaran PKn guru menerapkan strategi yang dapat mengaktifkan siswa, salah satunya yaitu strategi Index Card Match.Strategi Index Card Match merupakan solusi bagi guru karena strategi ini menuntut siswa untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar PKn, Strategi Index Card Match.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jun 2012 06:53
Last Modified: 27 Jun 2012 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12769

Actions (login required)

View Item View Item