Peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui pendekatan PAKEM dan permainan kartu pada siswa kelas IIIB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang.

Amalia Hasanah,, 1402407016 (2012) Peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui pendekatan PAKEM dan permainan kartu pada siswa kelas IIIB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Tambakaji 04 Kota Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas IIIB. Guru dalam pembelajaranPKn masih menggunakan metode kurang bervariasi, sehingga materi yang disampaikan kurang menarik bagi siswa. Siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru dan kurang aktif selama pembelajaran berlangsung sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Salah satunya adalah menggunakan pendekatan PAKEM dan permainan kartu. Rumusan masalah adalah: (1) Apakah dengan strategi pendekatan PAKEM dan permainan kartu dapat meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran PKn? (2) Apakah dengan menggunakan strategi pendekatan PAKEM dan permainan kartu dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mata pelajaran PKn kelas IIIB SDN Tambakaji 04 Semarang? (3) Apakah dengan menggunakan pendekatan PAKEM dan permainan kartu, hasil belajar siswa kelas IIIB SDN Tambakaji 04 Semarang dalam pembelajaran PKn dapat meningkta? Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran PKn dengan pendekatan PAKEM dan permainan kartu di SDN Tambakaji 04 Kota Semarang, (2) meningkatkan aktivitas siswa kelas IIIB dalam mata pelajaran PKn dengan pendekatan PAKEM dan permainan kartu,(3) meningkatkan hasil belajar PKn dengan pendekatan PAKEM dan permainan kartu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan PAKEM dan permainan kartu yang dilakukan sebanyak 3 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IIIB SDN Tambakaji 04 Kota Semarang.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada siklus I aktivitas guru dalam pembelajaran PKn melalui pendekatan PAKEM dan permainan kartu diperoleh skor rata-rata 2,6 dengan kategori baik, siklus II meningkat menjadi 3,1 dengan kategori baik, kemudian siklus yang ke III meningkat lagi dengan skor 3,8, dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pembelajaran PKn siklus I diperoleh skor rata-rata 2,59 dengan kategori baik, siklus II meningkat menjadi 2,92 dengan kategori baik, dan siklus yang ke III meningkat lagi menjadi 3,29 dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa pada kondisi awal mendapat nilai rata- rata 61, 65 KKM 65. Setelah dilakukan tindakan penelitian pada siklus I nilai rata-rata 65,16 dengan kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 74,07 dengan kategori baik, siklus III meningkat lagi menjadi 83,64 dengan kategori sangat baik Pada siklus III sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditentukan sehingga tidak dilakukan tindakan siklus berikutnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan PAKEM dan permianan kartu dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Saran bagi guru adalah pendekatan PAKEM dan permainan kartu dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran PKn, pendekatan PAKEM
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jun 2012 00:07
Last Modified: 27 Jun 2012 00:07

Actions (login required)

View Item