Pengaruh Pemberian Layanan Penguasaan Konten Bidang Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rembang Tahun Ajaran 2010/ 2011


Arif Miftakhuurahman, 1301406500 (2011) Pengaruh Pemberian Layanan Penguasaan Konten Bidang Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rembang Tahun Ajaran 2010/ 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pemberian Layanan Penguasaan Konten Bidang Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rembang Tahun Ajaran 2010/ 2011] Microsoft Word (Pengaruh Pemberian Layanan Penguasaan Konten Bidang Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rembang Tahun Ajaran 2010/ 2011) - Published Version
Download (17kB)

Abstract

Prestasi Belajar.Peserta didik yang berkualitas adalah berasal dari anak-anak yang mempunyai prestasi belajar yang baik di sekolah. Fenomena yang terjadi terdapat beberapa mata pelajaran yang dimana prestasi belajar yang diperoleh siswa belum optimal, salah satunya adalah mata pelajaran matematika. Sikap, kebiasaan serta keterampilan siswa yang baik sangat berpengaruh dalam tercapainya prestasi belajar yang baik. Maka dari itulah disini siswa diberikan layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar yang dimana ditujukan agar siswa dapat membentuk sikap, kebiasaan serta keterampilan yang baik. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh atas pemberian layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rembang Tahun ajaran 2010/ 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui data empiris tentang prestasi belajar mata pelajaran Matematika siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan, dan untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh pemberian Layanan Penguasaan Konten bidang bimbingan belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rembang Tahun Ajaran 2009/ 2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rembang , yaitu sebanyak 35 siswa. Pengambilan data dengan menggunakan angket. Angket yang sudah diuji cibakan dicari validitas dan realibilatasnya. Siswa pada kelas eksperimen diberikan 8 kali layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan layanan namun tetap dipantau. Setelah layanan diberikan siswa pada kelas kontrol dan eksperimen dilakukan pos tes sebagai data akhir penelitian. Setelah dilakukan uji normalitas dengan menggunakan SPSS diperoleh hasil yang berdistribusi normal. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh atas pemberian layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar, yang terlihat pada hasil uji analisis varian yang diperoleh signifikasi sebesar 0,19. Hal ini berarti 0,05 > 0,019 (signifikan yang dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar terhadap pretasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rembang tahun ajaran 2010/ 2011. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada kepala sekolah untuk mengkoordinasikan kegiatan layanan bimbingan dan konseling dengan kegiatan layanan yang sesuai dengan kebutuhan siswa masing-masing serta, Guru Bimbingan dan Konseling untuk dapat lebih mengintensifkan pemberian layanan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan kebutuhan para siswa, Siswa-siswi untuk dapat mengembangkan sikap, kebiasaan, serta keterampilan belajar yang baik untuk dapat meningkatkan prestasi belajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jun 2012 02:07
Last Modified: 27 Jun 2012 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12759

Actions (login required)

View Item View Item