Sumbangan Tingkat Intelligence Quotient Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola Pada Pemain PS UNNES Tahun 2009.

Ardian Hidayat, 6301405022 (2009) Sumbangan Tingkat Intelligence Quotient Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola Pada Pemain PS UNNES Tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan yang hendak dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah ada sumbangan tingkat Intelligence Quotient terhadap keterampilan teknik dasar bermain sepakbola pada pemain PS UNNES tahun 2009? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar sumbangan tingkat Intelligence Quotient terhadap keterampilan teknik dasar bermain sepakbola pada pemain PS UNNES tahun 2009. Populasi penelitian adalah pemain PS UNNES tahun 2009 sebanyak 20 orang. Dalam penelitian ini tidak ada sampel yang digunakan karena penelitian ini dilakukan dengan cara mengikutsertakan semua populasi sehingga disebut penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini yaitu tingkat Intelligence Quotient sebagai variabel bebas dan keterampilan teknik dasar bermain sepakbola sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan survei dengan teknik tes dan pengukuran. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan koefisien determinasi tingkat IQ (Intelligence Qoutient) terhadap keterampilan teknik dasar bermain sepakbola sebesar 0,327 atau 32,7%. Uji keberartian koefisien determinasi dengan analisis varians diperoleh Fhitung = 8,748 dan signifikansi 0,008 < 005. Dengan demikian dapat diputuskan bahwa ada sumbangan yang signifikan tingkat IQ (Intelligence Qoutient) terhadap keterampilan teknik dasar bermain sepakbola pada pemain PS UNNES tahun 2009. Adapun besarnya sumbangan tersebut adalah 32.7%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa keberhasilan latihan keterampilan teknik dasar bermain sepakbola ditentukan pula oleh tingkat IQ (Intelligence Qoutient) pemain, oleh karena itu penulis dapat mengajukan saran antara lain: 1) Bagi pelatih di PS UNNES dalam merekrut pemain, selain memperhatikan aspek teknis yang lain hendaknya juga memperhatikan tingkat IQ (Intelligence Qoutient) pemain yang akan dipilih sehingga diharapkan akan memperoleh pemain yang mampu menjalankan materi latihan yang diberikan oleh pelatih dengan baik, 2) Bagi pemain PS UNNES yang telah mengetahui bahwa tingkat IQ (Intelligence Qoutient) berada dalam kategori rata-rata hendaknya lebih serius dalam berlatih agar dapat memami seluruh materi latihan yang diberikan pelatih dan pada akhirnya dapat memiliki keterampilan sepakbola yang baik, dan 3) Bagi peneliti lain yang tertarik malakukan penelitian sejenis dapat membandingkan hasil penelitian dengan subjek yang akhir agar informasi yang diperoleh semakin akurat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sumbangan Tingkat Intelligence Quotient Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Jun 2012 20:30
Last Modified: 26 Jun 2012 20:30

Actions (login required)

View Item