Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX A SMP Islam Randudongkal Pemalang dengan Model PBI (Problem Based Instuction)


Niki Shohifatul Wahdah, , 2101405006 (2009) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX A SMP Islam Randudongkal Pemalang dengan Model PBI (Problem Based Instuction). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX A SMP Islam Randudongkal Pemalang dengan Model PBI (Problem Based Instuction)] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX A SMP Islam Randudongkal Pemalang dengan Model PBI (Problem Based Instuction)) - Published Version
Download (38kB)

Abstract

. 2009. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX A SMP Islam Randudongkal Pemalang dengan Model PBI (Problem Based Instuction)”. Pembimbing I : Dr. Agus Nuryatin, M.Hum. Pembimbing II : Drs. Mukh Doyin, M.Si. Metode pembelajaran di sekolah menengah hingga saat ini masih banyak menggunakan metode mengajar secara konvensional. Dalam kegiatan belajar mengajar, pengajaran menulis cerpen ternyata masih menjumpai banyak kesulitan. Hal tersebut terlihat melalui pengamatan penulis terhadap hasil karya siswa pada tugas menulis cerpen dan juga wawancara dengan guru mata pelajaran. Bagi siswa, menulis cerpen adalah kegiatan yang sulit untuk dilakukan sebab waktu yang tersedia hanya sedikit, relatif singkat dan pendek. Keadaan tersebut membuat siswa kurang leluasa ketika berupaya mencari ide untuk tulisannya. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa dan mengamati bagaimana perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan PBI berdasarkan pengalaman pribadi siswa. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) seberapa besar peningkatan kemampuan siswa kelas IX A SMP Islam Randudongkal dalam menulis cerpen melalui model pembelajaran PBI berdasarkan pengalaman pribadi siswa (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas IX A SMP Islam Randudongkal dalam menulis cerpen melalui model pembelajaran PBI berdasarkan pengalamn pribadi siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas IX A SMP Islam RAndudongkal dalam menulis cerpen melalui model pembelajaran PBI berdsarkan pengalaman pribadi siswa dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas IX A SMP Islam Randudongkal dalam menulis cerpen melalui model pembelajaran PBI berdasarkan pengalamn pribadi siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IXA SMP Isalam Randudongkal. Instrumen yang digunakan berupa tes dan nontes. Instrumen tes menghasilkan data kuantitatif berupa nilai tes menulis cerpen siswa, sedangkan instrumen nontes menghasilkan data kualitatif berupa perilaku siswa selama pembelajaran. Data kuantitatif dianalisis melalui analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan nilai tes antara siklus I dan siklus II, sedangkan data kualitatif dianalisis untuk mengetahui perubahan perilaku siswa setelah pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa dapat dilakukan dengan menggunakan model PBI berdasarkan pengalaman pribadi siswa. Terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 29,2%. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa adalah 61,7 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,6. Peningkatan siswa dalam menulis cerpen diikuti pula dengan perubahan perilaku siswa yang mengarah pada perilaku positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBI berdasarkan pengalaman pribadi siswa dapat meningkatkan hasil belajar dan perilaku siswa. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, sebaiknya guru memberikan reward ketika ada siswa yang berhasil menyelesaikan menulis cerpen dengan baik. Bagi peneliti berikutnya, sebaiknya setiap akhir siklus dilakukan wawancara dan pengisian jurnal siswa agar perubahan sikap siswa dapat teramati secara lebih teliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis Cerpen, PBI (Problem Based Instruction), Pengalaman Pribadi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Jun 2012 07:07
Last Modified: 26 Jun 2012 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12739

Actions (login required)

View Item View Item