Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Gambar Detail pada Siswa Kelas XI SMA Ronggolawe Semarang.
Krestika Sari. , 2101405032 (2009) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Gambar Detail pada Siswa Kelas XI SMA Ronggolawe Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Gambar Detail pada Siswa Kelas XI SMA Ronggolawe Semarang.)
- Published Version
Download (38kB) |
Abstract
KeterampiIan menulis merupakan salah satu keterampiIan berbahása yang perlu diajarkan pada siswa secara terpadu dengan keterampilan berbahasa yang lain. Untuk dapat menginformasikan sesuatu kepada orang lain (pembaca) agar pengetahuan orang lain (pembaca) bertambah luas setiap orang memerlukan keterampilan menulis. Oleh karena itu, dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, standar kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa salah satunya menyusun beberapa paragraf deskripsi yang berisi basil pengindraan faktual tentang keadaan dapur. Di kelas XI SMA Ronggolawe Semarang masih banyak siswa yang kurang terampil menulis karangan deskripsi. Rendahnya keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas XI SMA Ronggolawe Semarang ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam menuangkan ide maupun gagasan serta pikirannya secara tertulis. Ide yang dituangkan kurang runtut, tidak logis, dan kurang sistematis. Selain itu, kesulitan siswa dalam menuangkan ide maupun gagasan juga disebabkan guru kurang kreatif memberikan rnedia pcmbelajaran. Siswa hanya diberi penjelasan sedikit dan Iangsung ditugasi untuk menulis karangan deskripsi. Oleh karena itu. hasilnya masih kurang baik. Fenomena seperti ini merupakan suatu permasalahan yang perlu segera ditemukan alternatif pemecahannya. Salah satu upaya yang dapat dijadikan alternatif pernecahan masalah tersebut adalah melalui media gambar detail dalam pengajaran menulis karangan deskripsi. Berdasarkan uraian tersebut. permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini yaitu (I) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas Xl SMA Ronggolawe Semarang setelah dilakukan pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui media gambar detail dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas XI SMA Ronggolawe Semarang setelah diberi pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui media gambar detail. Tujuan penelitian ini (1) rnendeskripsikan peningkatan keterampiIan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMA Ronggolawe Semarang me1alui media gambar detail, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa kelas XI SMA Ronggolawe Semarang setelah mendapatkan pengajaran menulis karangan deskripsi melalui media gambar detail. Model penelitan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diambil melalui data tes dan nontes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa instrumen tes perbuatan yang berisi aspek-aspek kriteria penilaian keterampilan menulis karangan deskripsi. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi (foto). Selanjutnya, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui media nilai keterampilan menulis karangan deskripsi siswa meningkat sebesar 8,35 atau 12,66 % dengan nilai rata-rata siswa 65,95 pada siklus I dan 74,3 pada siklus II. Perilaku negatif yang ditunjukkan siswa pun berubah setelah diberikan tindakan. Siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran, berani mengemukakan pendapat, dan semakin percaya diri dalam menjawab pertanyaan. Selanjutnya dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat direkomondasikan antara lain (1) para guru bahasa Indonesia hendaknya dapat memberikan variasi-variasi dalam pengajaran seperti menggunakan media gambar detail untuk pengajaran keterampilan menulis khususnya menulis karangan deskripsi, (2) para mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia diharapkan melakukan penelitian di bidang menulis dari aspek yang lain, (3) bagi pengelola sekolah hendaknya bisa memberi fasilitas berupa media pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. (4) bagi peneliti lain, hendaknya termotivasi untuk melengkapi penelitian ini dengan metode dan media yang lain untuk semakin meningkatkan keterampilan menulis siswa,
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, karangan deskripsi, dan media gambar detail |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Jun 2012 04:53 |
Last Modified: | 26 Jun 2012 04:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12738 |
Actions (login required)
View Item |