Keefektifan Peramalan Banyak Pasien Pada RSUD R.A. Kartini Jepara Dengan Menggunakan Metode Dekomposisi dan Metode Time Series (Analisis Runtun Waktu)

Yuniva Astrid Fadilawati, , 4150405534 (2009) Keefektifan Peramalan Banyak Pasien Pada RSUD R.A. Kartini Jepara Dengan Menggunakan Metode Dekomposisi dan Metode Time Series (Analisis Runtun Waktu). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Forecasting (peramalan) adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam pengambilan keputusan. Metode forecast yang cocok yaitu forecast yang bisa meminimumkan kesalahan forecast. Rumah Sakit Umum Daerah R.A. Kartini Jepara merupakan rumah sakit tipe B Non Pendidikan. Bagi suatu rumah sakit standar pasien adalah segala-galanya, untuk itu suatu rumah sakit perlu meningkatkan pelayanan yaitu dengan cara meningkatkan sarana dan prasarana yang diberikan. Oleh sebab itu, pihak manajemen rumah sakit perlu mengadakan peramalan mengenai jumlah pasien di waktu yang akan datang, karena dengan mengetahui jumlah pasien di waktu yang akan datang dapat dijadikan tolok ukur dalam pengambilan keputusan oleh manajemen rumah sakit. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana penggunaan metode dekomposisi dan metode Time Series (Analisis Runtun Waktu) untuk forecasting banyak pasien Pada RSUD R.A. Kartini Jepara?, metode manakah yang mempunyai Mean Absolute Error terkecil untuk forecast banyak pasien pada RSUD R.A. Kartini Jepara?, berapakah banyak forecast pasien pada RSUD R.A. Kartini Jepara untuk satu tahun depan?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis data, kriteria pemilihan metode forecast yang baik dan penarikan simpulan. Adapun data yang diambil dalam penelitian ini adalah data banyak pasien rawat inap dan rawat jalan dari bulan April 2004 sampai dengan bulan Maret 2009. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari data banyak pasien rawat inap RSUD R.A. Kartini Jepara dari bulan April 2004 sampai dengan bulan Maret 2009 diperoleh nilai MAE Analisis Runtun Waktu adalah 133.32 dan MAE dari metode Dekomposisi adalah 267,454. Jadi nilai MAE yang paling kecil adalah MAE untuk Analisis Runtun Waktu, maka untuk forecasting banyak pasien rawat inap RSUD R.A. Kartini Jepara dipilih Analisis Runtun Waktu. Untuk banyak pasien rawat jalan diperoleh nilai MAE Analisis Runtun Waktu adalah 378.33 dan MAE dari metode Dekomposisi adalah 1308,71, jadi nilai MAE yang paling kecil adalah MAE untuk Analisis Runtun Waktu, maka untuk forecasting banyak pasien rawat jalan RSUD R.A. Kartini Jepara dipilih Analisis Runtun Waktu. Hasil penelitian diharapkan bisa dijadikan acuan bagi instansi untuk melakukan kebijakan-kebijakan pada RSUD R.A. Kartini Jepara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peramalan, Metode Dekomposis dan Metode Time Series (Analisis Runtun Waktu).
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 Jun 2012 00:48
Last Modified: 26 Jun 2012 00:48

Actions (login required)

View Item