Pengaruh Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2007-2010.


Ardhelian Via Junita Tutut Pragadang., 7250407072 (2012) Pengaruh Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2007-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7250407072a.pdf]
Preview
PDF
Download (332kB) | Preview
[thumbnail of Pengaruh Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2007-2010.]
Preview
PDF (Pengaruh Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2007-2010.) - Published Version
Download (332kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan otonomi daerah sesuai dengan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dimaksudkan untuk mendukung pendanaan atas penyerahan urusan kepada Pemerintahan Daerah yang diatur dalam Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah. Dalam hubungannya dengan pembiayaan pemerintah daerah terdiri dari PAD, Dana Perimbangan, pinjaman, dan Pendapatan Asli Daerah Lain-lain Yang Sah. PAD merupakan sumber pendapatan daerah yang penting dan cukup potensial apabila dikelola dengan baik guna kepentingan pembangunan Daerah.Secara umum sumber-sumber PAD berasal dari antara lain : alokasi dari pemerintah pusat, perpajakan, retribusi, perusahaan (Badan Usaha). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah pajak daerah dan retribusi daerah berpengaruh terhadap penerimaan pendapatan asli daerah di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2007-2010. Populasi dari penelitian ini adalah Laporan Keuangan Kabupaten Wonogiri Tahun 2007-2010. Total sampel penelitian adalah 48 sampel, dengan empat tahun pengamatan, yang diambil melalui Laporan Realisasi Bulanan Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2007-2010. Data yang digunakan berupa data sekunder.Metode pengujian penelitian ini melalui analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 18.0. Hasil penelitian memperoleh persamaan yaitu PAD = 1.283 + 1.789 Pajak Daerah + 1.207 Retribusi Daerah, pengujian parsial menunjukkan bahwa Pajak Daerah berpengaruh terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah sebesar 29,05%, dan Retribusi Daerah berpengaruh terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah sebesar 22.09%. Pengujian koefisien determinasi secara simultan berpengaruh terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah sebesar 67,5% Pendapatan Asli Daerah dipengaruhi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, sisanya yaitu sebesar 32,5% dipengaruhi oleh faktor lain Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa secara simultan pajak daerah dan retibusi daerah berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pendapatan asli daerah. Secara parsial pajak daerah dan retribusi daerah signifikan berpengaruh terhadap penerimaan pendapatan asli daerah. Saran untuk Pemerintah Kabupaten Wonogiri diharapkan lebih mengoptimalkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah tahun-tahun selanjutnya agar penerimaan PAD lebih meningkat dan tidak berfluktuasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Pajak Daerah, Retribusi Daerah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jun 2012 01:31
Last Modified: 05 Jun 2012 01:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12730

Actions (login required)

View Item View Item