Pengaruh Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Kesempatan Tumbuh, dan Komposisi Aktiva terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Peringkat 10 Besar Corporate Governance Perception Index periode 2005-2008)

Dyah.Sriwidanty,, 7250406032 (2012) Pengaruh Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Kesempatan Tumbuh, dan Komposisi Aktiva terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Peringkat 10 Besar Corporate Governance Perception Index periode 2005-2008). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Kesempatan Tumbuh, dan Komposisi Aktiva terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Peringkat 10 Besar Corporate Governance Perception Index periode 2005-2008)) - Published Version
Download (265Kb)

    Abstract

    Era Globalisasi menetapkan adanya kebijakan yang menuntut perusahaan untuk dapat menampilkan dirinya menjadi yang terbaik melalui kinerja keuangannya. Kinerja Perusahaan dapat ditentukan oleh good corporate governance, yang mana kinerja keuangan diproksikan dalam Return on Asset (ROA). Good corporate governance akan tercapai dengan baik jika didukung dengan ukuran perusahaan, kesempatan tumbuh dan komposisi aktiva yang yang baik pula. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh good corporate governance, ukuran perusahaan, kesempatan tumbuh perusahaan, dan komposisi aktiva terhadap kinerja keuangan perusahaan baik secara parsial maupun simultan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang menjadi peserta survey CGPI pada tahun 2005, 2006, 2007 dan 2008, yaitu sebanyak 93 perusahaan, pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang mendapatkan sampel dengan jumlah 25 perusahaan. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diambil dengan teknik dokumentasi. Metode pengujian penelitian ini melalui analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial good corporate governance tidak berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan. Serta ukuran perusahaan, kesempatan tumbuh, dan komposisi aktiva juga tidak ada satu pun variabel yang mempengaruhi secara signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa good corporate governance, ukuran perusahaan, kesempatan tumbuh dan komposisi aktiva tidak berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan. Simpulan dari penelitian ini adalah secara parsial tidak semua variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Sedangkan secara simultan good corporate governance, ukuran perusahaan, kesempatan tumbuh, dan komposisi aktiva tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Saran bagi penelitian selanjutnya yang hendak melakukan penelitian sejenis supaya menambah sampel penelitian dimana unit analisis dalam penelitian ini tidak hanya pada jenis perusahaan peserta survey CGPI saja, agar penelitian yang dihasilkan dapat lebih baik dari penelitian yang sebelumnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Kesempatan tumbuh, dan Komposis Aktiva
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 04 Jun 2012 20:32
    Last Modified: 04 Jun 2012 20:32

    Actions (login required)

    View Item