Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik melalui Lesson Study pada Siswa Kelas IIC SDN Petompon 02 Kota Semarang


Zaenatun, 1402407184 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik melalui Lesson Study pada Siswa Kelas IIC SDN Petompon 02 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik melalui Lesson Study pada Siswa Kelas IIC SDN Petompon 02 Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik melalui Lesson Study pada Siswa Kelas IIC SDN Petompon 02 Kota Semarang) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Petompon 02 Kota Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IIC pada tema “Peristiwa.” Hasil belajar siswa pada tema peristiwa terutama pada pokok bahasan bercerita peristiwa penting secara kronologis masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran guru jarang memberikan cerita kepada siswa, guru masih menggunakan metode yang kurang bervariasi, sehingga materi yang disampaikan kurang menarik perhatian siswa. Siswa pasif selama proses pembelajaran sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Solusi untuk memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan pembelajaran tematik melalui lesson study, karena pembelajaran tematik memungkinkan siswa aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep secara holistik dan lesson study merupakan langkah pembinaan profesi pendidik untuk memperoleh pembelajaran yang bermutu. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) untuk meningkatkan aktivitas siswa menggunakan pembelajaran tematik melalui lesson study, 2) untuk meningkatkan keterampilan guru menggunakan pembelajaran tematik melalui lesson study, 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema “Peristiwa” menggunakan pembelajaran tematik melalui lesson study. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas menggunakan pembelajaran tematik melalui lesson study yang dilaksanakan dalam II siklus dimana setiap siklus dua pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari enam tahap yaitu: membentuk kelompok lesson study, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan merencanakan tahap selanjutnya. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IIC SDN Petompon 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 2,2 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi rata-rata skor 2,85 dengan kriteria baik. 2) Keterampilan guru pada siklus I mempeoleh rata-rat skor 2,6 dengan kriteria baik dan pada siklus II menjadi rata-rata skor 3,35 dengan kriteria sangat baik. 3) Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 75,6 dengan persentase 71,4% siswa yang tuntas belajar dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 84,9 dan persentase 85,7% siswa yang tuntas belajar. Ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II ≥85%sehingga dinyatakan berhasil. Manfaat yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas menggunakan pembelajaran tematik melalui lesson study adalah dapat meningkatkan minat dan kreativitas siswa selama proses pembelajaran, meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran, dan membantu siswa meningkatkan hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan pembelajaran tematik melalui lesson study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas rendah. Saran bagi guru adalah penerapan pembelajaran tematik melalui lesson study dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, pembelajaran tematik, lesson study
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2012 21:46
Last Modified: 04 Jun 2012 21:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12708

Actions (login required)

View Item View Item