Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sesuai Ejaan Yang Disempurnakan Melalui Kegiatan Menggambar Pada Siswa Kelas III SDN Pakintelan 03 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang


Muhamad Yuda Sasmito, 1402407095 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sesuai Ejaan Yang Disempurnakan Melalui Kegiatan Menggambar Pada Siswa Kelas III SDN Pakintelan 03 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sesuai Ejaan Yang Disempurnakan Melalui Kegiatan Menggambar Pada Siswa Kelas III SDN Pakintelan 03 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sesuai Ejaan Yang Disempurnakan Melalui Kegiatan Menggambar Pada Siswa Kelas III SDN Pakintelan 03 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena permasalahan ketidakmaksimalan pembelajaran dalam keterampilan menulis yang dialami oleh siswa kelas III SDN Pakintelan 03, Kota Semarang. Ketidakmaksimalan tersebut ditunjukkan dengan data, 17 dari 29 siswa belum tuntas dalam menyusun kalimat sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD). Bahkan dari 17 siswa, 10 diantaranya masih belum bisa menulis. Di sisi lain, siswa lebih gemar menggambar. Saat mata pelajaran menggambar, siswa sangat antusias. Dengan kondisi ini, memunculkan sebuah pemikiran untuk memanfaatkan kegiatan menggambar untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III SDN Pakintelan 03. Dengan kegiatan menggambar, siswa akan termotivasi secara psikologis. Sehingga guru mudah dalam mengajarkan keterampilan menulis. Tujuan penelitian ini adalah 1) Meningkatkan keterampilan siswa kelas III dalam menulis karangan menggunakan huruf kapital dan tanda baca melalui kegiatan menggambar. 2) Meningkatkan partisipasi siswa kelas III dalam materi menulis sesuai EYD melalui kegiatan menggambar. 3) Meningkatkan keterampilan mengajar guru kelas III terutama pada pengelolaan kelas. Tindakan yang dilakukan adalah dengan meminta siswa menggambar, kemudian dari gambar itu siswa diminta menuliskan kalimat dan paragraf. Hasil tindakan yang diberikan, menunjukkan keterampilan menulis siswa selalu meningkat pada tiap siklus. Sebelum dilakukan tindakan, jumlah siswa yang memenuhi KKM 10 siswa dengan rata-rata nilai 67,51. Sedangkan setelah tindakan, pada siklus pertama 21 siwa memenuhi KKM dengan rata-rata nilai 79,65 dan pada siklus kedua 25 siswa memenuhi KKM dengan rata-rata nilai 82,94. Selain nilai secara kuantitatif, siswa juga diobservasi secara kualitatif dalam hal partisipasi selama pembelajaran. Penilaian kualitatif dihimpun dengan instrumen observasi. Dari hasil observasi tersebut, pada siklus pertama 19 siswa mendapat nilai A, 9 siswa mendapat nilai B dan 1 siswa mendapat nilai C. Sedangkan pada siklus kedua 21 siswa mendapat nilai A dan 8 siswa mendapat nilai B. Sementara observasi peningkatan keterampilan mengajar guru, tiap siklus mendapat nilai A. Berdasarkan hasil tindakan tersebut, maka didapat kesimpulan kegiatan menggambar sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis sesuai EYD pada siswa kelas III SDN Pakintelan 03, Kota Semarang. Maka penulis menyarankan dalam kegiatan menggambar dapat dimaksimalkan sebagai media meningkatkan keterampilan menulis siswa, serta membebaskan siswa menuangkan imajinasinya dalam menggambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis karangan sesuai EYD, kegiatan menggambar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2012 14:34
Last Modified: 04 Jun 2012 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12705

Actions (login required)

View Item View Item