Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa SD Melalui Model Cooperative Script Berbantuan Wayang Kulit


Ellit Pipop Setiawan, 1402407079 (2011) Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa SD Melalui Model Cooperative Script Berbantuan Wayang Kulit. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa SD Melalui Model Cooperative Script Berbantuan Wayang Kulit] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa SD Melalui Model Cooperative Script Berbantuan Wayang Kulit) - Published Version
Download (57kB)

Abstract

Hasil observasi awal pada saat proses pembelajaran Bahasa Indonesia dari kegiatan PPL 2 di SD Negeri Ngijo 01, menunjukkan bahwa 52,4% (11 siswa dari 22 siswa) siswa kelas V SD Negeri Ngijo 01 kurang terampil dalam berbicara. Hal ini dikarenakan pembelajaran kurang maksimal, sehingga siswa kurang terampil dalam berbicara dan pencapaian hasil evaluasi siswa pada pokok bahasan berbicara kurang maksimal dengan rerata kelas 68,86. Masalah penelitian adalah: Bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan berbicara siswa SD kelas V dengan menggunakan model Cooperative Script berbantuan wayang kulit?. Masalah tersebut dirinci (1) Bagaimanakah pengelolaan pembelajaran berbicara dengan model Cooperative Script berbantuan wayang kulit yang dilakukan guru?; (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran berbicara dengan menggunakan model Cooperative Script berbantuan wayang kulit?; (3) Bagaimanakah hasil belajar keterampilan berbicara siswa SD kelas V dengan menggunakan model Cooperative Script berbantuan wayang kulit?. Model Cooperative Script bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa SD kelas V, yang meliputi (1) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran berbicara dengan model Cooperative Script berbantuan wayang kulit yang dilakukan guru; (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam keterampilan berbicara dengan model Cooperative Script berbantuan wayang kulit; (3) Meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa SD kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Ngijo 01. Jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan melalui model Cooperative Script berbantuan wayang kulit meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa SD kelas V. Terbukti dengan peningkatan pada keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 20,83 % dari 66,83 % pada siklus I menjadi 87,50 % pada siklus II. Untuk aktivitas siswa meningkat sebesar 12% dari 62% pada siklus I menjadi 74% pada siklus ke II. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah model Cooperative Script berbantuan wayang kulit dapat meningkatkan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru; model Cooperative Script berbantuan wayang kulit dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran berbicara; model Cooperative script berbantuan wayang kulit dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara. Disarankan agar guru lebih termotivasi lagi untuk meningkatkan keterampilannya dalam mengajar agar siswa dapat aktif dalam mengikuti pembelajaran dari guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Model Cooperative Script, Wayang Kulit
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2012 14:30
Last Modified: 04 Jun 2012 14:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12704

Actions (login required)

View Item View Item