Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) pada Siswa Kelas V SDN 4 Selakambang

Fitria Ristiana Dewi, 1402407018 (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) pada Siswa Kelas V SDN 4 Selakambang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, diketahui bahwa pembelajaran IPA yang berlangsung kurang memperhatikan kebutuhan dan pengembangan potensi siswa, serta cenderung bersifat teoritik. Siswa tidak diarahkan untuk mengidentifikasi sendiri masalah atau isu yang sedang berkembang di lingkungan atau masyarakat sekitar. Pembelajaran seperti ini membuat siswa kurang aktif dan kesulitan memahami konsep pembelajaran IPA yang hanya mengacu pada buku, tidak mengkaitkannya dengan teknologi, lingkungan, dan masyarakat. Akhirnya, proses pembelajaran yang terjadi hanya sebatas pada penyampaian informasi saja. Pembelajaran seperti itu berakibat pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah pendekatan SETS dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 4 Selakambang?; (2) Apakah pendekatan SETS dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 4 Selakambang?; (3) Apakah pendekatan SETS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SDN 4 Selakambang? Dari rumusan masalah tersebut, peneliti menentukan alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA yaitu dengan menggunakan pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS). Penelitian ini bertujuan : (1) Meningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan SETS; (2) Meningkatan peningkatan kemampuan guru dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan SETS; (3) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan SETS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Pada tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Selakambang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga sebanyak 15 siswa, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Variabel/ faktor yang diselidiki pada penelitian ini adalah aktivitas siswa, kemampuan guru, dan hasil belajar siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 2,02 dengan kriteria cukup, siklus II 2,49 dengan kriteria sangat cukup, dan siklus III 2,98 dengan kriteria baik. Rata-rata skor kemampuan guru pada siklus I 2,55 dengan kriteria baik, siklus II 3,1 dengan kriteria baik dan siklus III 3,6 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada pembelajaran dengan pendekatan SETS yakni siklus I dengan rata- rata 64,33 dengan ketuntasan belajar 47%, siklus II dengan rata-rata 74,17 dengan ketuntasan belajar 73%, dan siklus III dengan rata-rata 84,5 dengan ketuntasan belajar 100%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan SETS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah guru dapat menerapkan pendekatan SETS dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, Hasil Belajar, Pendekatan SETS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2012 10:24
Last Modified: 04 Jun 2012 10:24

Actions (login required)

View Item