Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Puisi Melalui Model Belajar Kolaboratif pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Slerok 5 Kota Tegal

Moh Alimi, 1401909080 (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Puisi Melalui Model Belajar Kolaboratif pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Slerok 5 Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hakikat model belajar kolaboratif merupakan salah satu metode yang berfungsi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model belajar kolaboratif ini cocok untuk kepentingan pengajaran bahasa. Kenyataan yang ada di SDN Slerok 5 Kota Tegal, guru dalam mengajar belum menggunakan metode atau model belajar sebagai sarana untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model belajar kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis puisi. Model pembelajaran pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran kolaboratif yang melibatkan peneliti dan teman sejawat (guru). Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Slerok 5 Kota Tegal, pada tahun pelajaran 2011/2012, dengan jumlah 14 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah, yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Cara pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes. Data tes menggunakan tes uraian atau unjuk kerja, data nontes menggunakan pengamatan dan dokumentasi foto. Penelitian ini dikatakan berhasil jika keterampilan menulis puisi siswa mencapai kriteria ketuntasan ≥ 65.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan di segala aspek pengamatan. Rencana pembelajaran dari siklus I sampai dengan siklus II dari masing-masing tindakan kelas dalam kategori cukup dan baik. Pada siklus I rata-rata nilai kelas sebesar 68,71 dan pada siklus II rata-rata nilai kelas naik sebesar 76,67, sehingga ada peningkatan sebesar 7,96. Dengan melihat hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian, yakni model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Slerok 5 Kota Tegal. Akhirnya peneliti menyarankan hendaknya para guru kreatif dalam menentukan metode atau model belajar dalam pembelajaran menulis puisi agar hasil belajar siswa lebih baik dan maksimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis Puisi, Model Belajar Kolaboratif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2012 10:08
Last Modified: 04 Jun 2012 10:08

Actions (login required)

View Item