Pengembangan Educartoon (Kartun Edukasi) SebagaiMedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pokok Bahasan Globalisasi Kelas IV di SD Negeri Pati Lor 2


Yudi Ristu Prihawan, , 1102407002 (2012) Pengembangan Educartoon (Kartun Edukasi) SebagaiMedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pokok Bahasan Globalisasi Kelas IV di SD Negeri Pati Lor 2. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan  Educartoon  (Kartun  Edukasi) SebagaiMedia Pembelajaran  pada  Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pokok Bahasan Globalisasi Kelas IV di SD Negeri Pati Lor 2] Microsoft Word (Pengembangan Educartoon (Kartun Edukasi) SebagaiMedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pokok Bahasan Globalisasi Kelas IV di SD Negeri Pati Lor 2) - Published Version
Download (53kB)

Abstract

Sistem pembelajaran konvensional dan kurangnya media pembelajaran yang layak pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SD Negeri Pati Lor 2 selama ini membuat siswa merasa cepat jenuh ketika mengikuti proses belajar mengajar. Kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang layak semakin terasa ketika materi yang disampaikan bersifat abstrak sehingga hanya dapat disampaikan secara verbal. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengembangkan Media Pembelajaran Educartoon (Kartun Edukasi). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Educartoon (Kartun Edukasi). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (penelitian dan pengembangan) dengan model pengembangan Haryono. Penelitian dilakukan pada kelas IV SD Negeri Pati Lor 2. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Educartoon (Kartun Edukasi) dengan mengacu pada skala Likert. Data dianalisis menggunakan sistem deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian, produk Media Pembelajaran Educartoon (Kartun Edukasi) dapat dikatakan layak sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SD. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang divalidasi oleh ahli media sebesar 82% (baik), hasil angket dari guru sebesar 93% (sangat baik), serta hasil angket dari siswa sebesar 94% (sangat baik). Guru hendaknya membekali dirinya lebih baik lagi dalam memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran agar suasana belajar lebih menyenangkan tanpa mengurangi esensi dari materi pelajaran yang sedang disampaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Educartoon (Kartun Edukasi), mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2012 13:17
Last Modified: 04 Jun 2012 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12694

Actions (login required)

View Item View Item