Upaya meningkatkan Motivasi Melanjutkan Studi Pada Siswa Kelas IX B melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 2 Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


Yousy Sischa Pratama, 1301405016 (2012) Upaya meningkatkan Motivasi Melanjutkan Studi Pada Siswa Kelas IX B melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 2 Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya meningkatkan Motivasi Melanjutkan Studi Pada Siswa Kelas IX B melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 2 Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur] Microsoft Word (Upaya meningkatkan Motivasi Melanjutkan Studi Pada Siswa Kelas IX B melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 2 Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Seiring berkembangnya jaman, individu dituntut mempunyai kualitas yang tinggi. Pendidikan formal sangat bermanfaat untuk membuat individu menjadi berkualitas karena di dalam sekolah formal terdapat pendidikan formal dan non-formal. Motivasi melanjutkan studi diperlukan untuk memberikan semangat kepada siswa untuk berkeinginan melanjutkan studi dan berusaha keras untuk mewujudkan keinginannya tersebut. Dengan melanjutkan studi siswa akan mendapatkan banyak manfaat sebagai bekal kehidupannya dimasa depan. Di SMP Negeri 2 Donorojo para siswa mempunyai motivasi melanjutkan studi yang rendah, sehingga mereka tidak bisa memaksimalkan kualitas diri. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi melanjutkan studi siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Donorojo dengan menggunakan bimbingan kelompok, yang di dalamnya mencangkup: 1) Gambaran motivasi melanjutkan studi siswa kelas IX B sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok, 2) Perbedaan tingkat motivasi melanjutkan studi siswa kelas IX B sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional sampling yaitu dengan mengambil 15 siswa kelas IX B dengan kriteria motivasi melanjutkan studi rendah, agak rendah, sedang, dan cukup tinggi untuk diberikan layanan bimbingan kelompok. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologi dengan alatnya skala motivasi melanjutkan studi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon matched pairs. Hasil uji wilcoxon menunjukkan motivasi melanjutkan studi siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Donorojo dapat meningkat setelah siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok. Pihak sekolah hendaknya memberikan pengertian tentang pentingnya melanjutkan studi kepada siswa dan orang tuanya sejak siswa di kelas VII. Sehingga mereka mempunyai banyak waktu untuk berfikir dan mempersiapkan bekal untuk melanjutkan studi. Kurangnya jumlah guru pembimbing di sekolah tersebut juga berdampak tidak maksimalnya penanganan masalah. Sehingga sekolah diharapkan dapat menambah personil guru pembimbing dengan kualitas yang bagus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi melanjutkan studi, motivasi, bimbingan kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2012 13:12
Last Modified: 04 Jun 2012 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12693

Actions (login required)

View Item View Item