Korelasi antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Komunikasi Intrapersonal Pada Siswa Kelas VIII Imersi SMP N 5 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010
Nuriska Wahyu Utami, 1301404016 (2010) Korelasi antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Komunikasi Intrapersonal Pada Siswa Kelas VIII Imersi SMP N 5 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Korelasi antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Komunikasi Intrapersonal Pada Siswa Kelas VIII Imersi SMP N 5 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010)
- Published Version
Download (27kB) |
Abstract
Siswa kelas imersi memiliki kecenderungan sifat individual yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kesenjangan ekonomi, kurang berkomunikasi dan bergaul dengan teman-teman yang lain sehingga menyebabkan siswa menjadi acuh dengan siswa yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan komunikasi intrapersonal pada siswa kelas VIII Imersi SMP N 5 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII imersi SMP N 5 Semarang tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 47 siswa yang terdiri dari dua kelas. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Kecerdasan Emosional (X) dan komunikasi intrapersonal (Y). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas serta analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar responden kecerdasan emosionalnya termasuk kategori sedang sebanyak 31 responden atau 65,96%, sebanyak 11 responden atau 23,40% termasuk dalam kategori rendah, sebanyak 5 responden atau 10,64% termasuk dalam kategori tinggi. Sebagian besar responden komunikasi intrapersonal yang termasuk kategori rendah sebanyak 23 responden atau 48,94%, sebanyak 21 responden atau 44,68% termasuk dalam kategori tinggi, sebanyak 2 responden atau 4,26% termasuk dalam kategori tinggi, sebanyak 1 responden atau 2,13% yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis korelasi diperoleh besarnya koefisien korelasi sebesar 0,788. Hasil uji korelasi menunjukan bahwa rxy yang diperoleh sebesar 0,788 sedangkan para r tabel dengan N = 47 sebesar 0,288. Karena nilai r hitung > r tabel (0,657 > 0,288) maka terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan komunikasi intrapersonal. Hasil korelasi tersebut di uji signifikansi dengan uji t. Hasil analisis uji t diperoleh t hitung sebesar 8,600 sedangkan pada db = N -2 = 47 - 2 = 45 diperoleh t tabel sebesar 2,01. Karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel (8,600 > 2,01) maka ada hubungan antara hubungan kecerdasan emosional dengan komunikasi intrapersonal. Saran yang dapat penulis sampaikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah perlunya dilakukan pendekatan secara interpersonal untuk meningkatkan kemampuan komunikasi intrapersonal siswa kelas imersi serta hendaknya Guru BK menyusun dan melaksanakan suatu program bimbingan dan konseling khusus kepada siswa kelas imersi untuk mengarahkan perkembangan emosional siswa ke arah yang lebih positif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Komunikasi Intrapersonal, Imersi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 04 Jun 2012 13:08 |
Last Modified: | 04 Jun 2012 13:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12692 |
Actions (login required)
View Item |