Hubungan Jumlah Uang Saku dan Pengetahuan Gizi dengan Asupan Makanan Mahasiswa Kos (Studi di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang)


Ujang Ali Mustofa., 6450407132 (2011) Hubungan Jumlah Uang Saku dan Pengetahuan Gizi dengan Asupan Makanan Mahasiswa Kos (Studi di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Jumlah Uang Saku dan Pengetahuan Gizi dengan Asupan Makanan Mahasiswa Kos (Studi di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang)]
Preview
PDF (Hubungan Jumlah Uang Saku dan Pengetahuan Gizi dengan Asupan Makanan Mahasiswa Kos (Studi di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Download (10kB) | Preview

Abstract

Masalah gizi, baik gizi kurang maupun gizi lebih pada dasarnya terjadi karena pola perilaku asupan makanan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang diketahui bahwa dari 20 orang mahasiswa kos 17 orang (85%) diantaranya mengalami kekurangan asupan energi dan 3 orang (15%) mengalami kelebihan asupan energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara jumlah uang saku dan pengetahuan gizi dengan asupan makanan pada mahasiswa kos di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain penelitian Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ini adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat semester 1, 3 dan 5 sebanyak 488 orang. Sampel berjumlah 88 orang yang diambil dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah timbangan berat badan, microtoise dan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Rank Spearman. Kesimpulan dari penelitian ini tidak terdapat hubungan yang bermakna antara jumlah uang saku dengan asupan makanan (p = 0,957). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan gizi dengan asupan makanan (p = 0,876 ). Berdasarkan hasil penelitian tersebut Saran yang diberikan bagi mahasiswa, penelitian ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk dapat memperbaiki pengetahuan gizi dan asupan makanan sesuai angka kecukupan gizi. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk meneliti faktor lain yang berhubungan dengan asupan makanan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Uang Saku, Pengetahuan Gizi, Asupan Makanan, Mahasiswa Kos
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Jun 2012 08:37
Last Modified: 04 Jun 2012 08:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12690

Actions (login required)

View Item View Item