Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap Penghuni Rumah terhadap Peraturan Daerah Kota Semarang tentang Pengendalian Penyakit DBD dengan Angka Bebas Jentik (Studi Kasus pada Uji coba Peraturan Daerah di RW II Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2011).


Sa’diyah Agustina, 6450407123 (2011) Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap Penghuni Rumah terhadap Peraturan Daerah Kota Semarang tentang Pengendalian Penyakit DBD dengan Angka Bebas Jentik (Studi Kasus pada Uji coba Peraturan Daerah di RW II Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2011). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap Penghuni Rumah terhadap Peraturan Daerah Kota Semarang tentang Pengendalian Penyakit DBD dengan Angka Bebas Jentik (Studi Kasus pada Uji Coba Peraturan Daerah di RW II Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Sema]
Preview
PDF (Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap Penghuni Rumah terhadap Peraturan Daerah Kota Semarang tentang Pengendalian Penyakit DBD dengan Angka Bebas Jentik (Studi Kasus pada Uji Coba Peraturan Daerah di RW II Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Sema) - Published Version
Download (74kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya uji coba peraturan daerah Kota Semarang Nomor 5 Tahun 2010 tentang Pengendalian Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelurahan Sukorejo yang dilakukan pemerintah Kota Semarang untuk meningkatkan Angka Bebas Jentik (ABJ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap penghuni rumah terhadap peraturan daerah Kota Semarang Nomor 5 Tahun 2010 dengan ABJ. Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan case control. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah RW II Kelurahan Sukorejo pada Agustus 2011. Populasi penelitian ini adalah rumah yang berada di wilayah RW II yang berjumlah 215 rumah. Sampel berjumlah 30 responden pada masing-masing kelompok kasus dan kelompok kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis bivariat menggunakan uji statistik Chi square dengan derajat kemaknaan (α) = 0,05. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan penghuni rumah terhadap peraturan daerah Kota Semarang Nomor 5 Tahun 2010 dengan status ABJ (p=0,049, OR=3,8), terdapat hubungan antara sikap penghuni rumah terhadap pelaksanaan peraturan daerah Kota Semarang Nomor 5 Tahun 2010 dengan status ABJ (p=0,006, OR=6,5) dan terdapat hubungan antara sikap penghuni rumah terhadap sanksi yang tercantum dalam peraturan daerah Kota Semarang Nomor 5 Tahun 2010 dengan status ABJ (p=0,019, OR=4,1). Dengan demikian, maka disarankan bagi Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja kader RW/RT saat memberikan sosialisasi tentang peraturan daerah tersebut kepada masyarakat. Selain itu disarankan pula bagi Lurah Sukorejo hendaknya mewajibkan kader RW/RT untuk memberikan penyuluhan mengenai peraturan daerah tersebut dan informasi tentang penyakit DBD dan cara pencegahannya, agar dilakukan secara intensif di setiap pertemuan warga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan dan Sikap, Angka Bebas Jentik.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Jun 2012 08:29
Last Modified: 04 Jun 2012 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12687

Actions (login required)

View Item View Item