Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Praktik Penggunaan Helm Standar Nasional Indonesia oleh Pengendara Sepeda Motor sebagai Alat Pelindung Keselamatan Berkendara (Studi Kasus pada Mahasiswa IKM UNNES Angkatan 2007-2010)

Nej’mi Hadi Setiyawan, 6450407090 (2011) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Praktik Penggunaan Helm Standar Nasional Indonesia oleh Pengendara Sepeda Motor sebagai Alat Pelindung Keselamatan Berkendara (Studi Kasus pada Mahasiswa IKM UNNES Angkatan 2007-2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Praktik Penggunaan Helm Standar Nasional Indonesia oleh Pengendara Sepeda Motor sebagai Alat Pelindung Keselamatan Berkendara (Studi Kasus pada Mahasiswa IKM UNNES Angkatan 2007-2010)) - Published Version
Download (158Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor apa sajakah yang berhubungan dengan praktik penggunaan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) pada mahasiswa IKM UNNES angkatan 2007-2010. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa sajakah yang berhubungan dengan praktik penggunaan helm SNI pada mahasiswa IKM UNNES angkatan 2007-2010. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa IKM UNNES angkatan 2007-2010 yang menggunakan sepeda motor untuk transportasi menuju kampus yang berjumlah 290 orang. Sampel yang diambil adalah sebagian dari populasi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang ditentukan peneliti dan didapat 57 orang. Tehnik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji chi square dengan α=0,05). Berdasarkan uji chi square yang telah dilakukan, didapatkan bahwa variabel yang berhubungan secara statistik bermakna dengan praktik penggunaan helm SNI adalah pengetahuan (p value=0,029), persepsi (p value=0,043), dan dukungan teman (p value=0,001). Variabel yang tidak berhubungan adalah sikap (p value=1,000) dan dukungan keluarga (p value=0,738). Saran yang dapat diberikan yaitu mahasiswa Kesehatan Masyarakat melakukan peningkatan pengetahuan dan persepsi tentang keselamatan berkendara. Bagi Universitas Negeri Semarang melakukan kerjasama dengan pihak kepolisian untuk melakukan sosialisasi tentang manfaat penggunaan helm SNI sebagai alat pelindung keselamatan berkendara sepeda motor serta peneliti lain diharapkan melakukan penelitian lanjutan dengan variabel penelitian yang berbeda, seperti umur, jenis kelamin, jenis pekerjaan, dan jenis helm lainnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Penggunaan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI), Pengendara Sepeda Motor
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 04 Jun 2012 03:11
    Last Modified: 04 Jun 2012 03:11

    Actions (login required)

    View Item