Evaluasi Program Penanggulangan Gizi Buruk di Wilayah Kerja Puskesmas Tirto II Kabupaten Pekalongan Tahun 2010.

Shitaningrum Septilia., 6450407026 (2011) Evaluasi Program Penanggulangan Gizi Buruk di Wilayah Kerja Puskesmas Tirto II Kabupaten Pekalongan Tahun 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Evaluasi Program Penanggulangan Gizi Buruk di Wilayah Kerja Puskesmas Tirto II Kabupaten Pekalongan Tahun 2010.) - Published Version
Download (45Kb)

    Abstract

    Kasus gizi buruk masih menjadi permasalahan serius di Indonesia yang jumlah kasusnya terus meningkat. Puskesmas Tirto II merupakan suatu wilayah dengan kasus gizi buruk tertinggi di Kabupaten Pekalongan dengan jumlah penderita 0,31%, target prevalensi gizi buruk di tiap kabupaten atau kota sebanyak 0,17%. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan program penanggulangan gizi buruk di wilayah kerja Puskesmas Tirto II tahun 2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah petugas gizi, bidan desa, kader, dan ibu penderita gizi buruk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan komponen masukan pada umumnya belum mencukupi. Jumlah tenaga kesehatan, alokasi anggaran dana, dan sarana yang ada belum mencukupi. Sedangkan prasarana yang ada sudah mencukupi. Dari komponen proses, semua kegiatan sudah dilaksanakan, namun proses pelaksanaannya ada yang belum sesuai prosedur yaitu pada pemberian PMT balita BGM GAKIN. Dari komponen output, pemantauan pertumbuhan meliputi balita yang naik berat badannya, balita BGM, dan pemberian PMT belum mencapai target, pemberian kapsul vitamin A dan perawatan balita gizi buruk sudah mencapai target. Cakupan konsumsi pangan belum mencapai target. Cakupan perilaku hidup sehat meliputi rumah tangga yang aktif melakukan aktifitas fisik dan rumah tangga yang tidak merokok belum mencapai target, rumah tangga yang memenuhi gizi seimbang sudah mencapai target. Cakupan keamanan pangan belum mencapai target meliputi tempat pengelolaan makanan yang dibina dan tempat pengelolaan makanan yang memenuhi syarat. Saran yang ditujukan bagi pemerintah daerah untuk menambah jumlah bidan desa dan petugas gizi, alokasi dana untuk program penanggulangan gizi buruk. Bagi Puskesmas meningkatkan sarana pada posyandu, pengawasan pendistribusian MP-ASI, meningkatkan frekuensi dan ruang lingkup promosi kesehatan, pengawasan dan pembinaan di tempat-tempat pengelolaan makan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: evaluasi program, penanggulangan gizi buruk
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 03 Jun 2012 22:15
    Last Modified: 03 Jun 2012 22:15

    Actions (login required)

    View Item