Persepsi Pasien Terhadap Mutu Layanan Rawat Inap dan Rencana Utilisasi Ulang di UPT Puskesmas Kutoarjo, Kabupaten Purworejo Tahun 2010


Zeky Purnama, 6450405540 (2010) Persepsi Pasien Terhadap Mutu Layanan Rawat Inap dan Rencana Utilisasi Ulang di UPT Puskesmas Kutoarjo, Kabupaten Purworejo Tahun 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Pasien Terhadap Mutu Layanan Rawat Inap dan Rencana Utilisasi Ulang di UPT Puskesmas Kutoarjo, Kabupaten Purworejo Tahun 2010]
Preview
PDF (Persepsi Pasien Terhadap Mutu Layanan Rawat Inap dan Rencana Utilisasi Ulang di UPT Puskesmas Kutoarjo, Kabupaten Purworejo Tahun 2010) - Published Version
Download (59kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi pasien terhadap mutu layanan rawat inap dan rencana utilisasi ulang di UPT Puskesmas Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi pasien terhadap mutu layanan rawat inap dan rencana utilisasi ulang di UPT Puskesmas Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus retrospektif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah pasien, keluarga pasien, dokter rawat inap, perawat jaga, petugas loket obat, petugas loket pendaftaran, petugas loket pembayaran dan petugas kebersihan yang ada di UPT Puskesmas Kutoarjo. Teknik pengambilan subjek penelitian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode accidental sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah panduan wawancara mendalam, perangkat merekam, lembar dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi teori, kecukupan referensial dan Audit trail. Dari hasil penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa: Persepsi pasien terhadap bukti langsung (tangibles), yang menyatakan baik sebesar 53,91% dan kurang sebesar 47,09%. Persepsi pasien terhadap kehandalan layanan (reliability), yang menyatakan baik sebesar 82,12% dan sebesar 18,88% menyatakan kurang baik. Persepsi pasien terhadap daya tanggap (responsiveness), yang menyatakan baik sebesar 80,36% dan 19,64% menyatakan kurang baik. Persepsi pasien terhadap jaminan mendapatkan layanan (assurance), yang menyatakan baik sebesar 65,80 % dan 44,20% menilai kurang baik. Persepsi pasien terhadap perhatian (emphaty), yang menyatakan baik sebesar 62,05% dan 37,95 % menyatakan kurang baik. Dari hasil penelitian saran yang diajukan adalah: 1) Bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo mengalokasikan dana untuk pembangunan dan perawatan fisik UPT Puskesmas Kutoarjo. 2) Bagi UPT Puskesmas Kutoarjo, penambahan petugas administrasi dan apoteker pada hari minggu, pengecekan kelengkapan ruangan dan kamar mandi pasien serta melakukan perawatan berkala. 3) Bagi Peneliti Selanjutnya Perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap jumlah pasien dan penelitian yang sifatnya membandingkan UPT Puskesmas Kutoarjo dengan puskesmas rawat inap lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pasien, Mutu Layanan Rawat Inap, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Jun 2012 00:01
Last Modified: 04 Jun 2012 00:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12646

Actions (login required)

View Item View Item