Amar dalam Naskah Al-Qiro’ah Al-Muwassa’ah pada Buku Al-‘arobiyyah Baina Yadaik Jilid-3 (Studi Analisis Sintaksis Retorik)


Ikhlas Sobara, 2303408029 (2012) Amar dalam Naskah Al-Qiro’ah Al-Muwassa’ah pada Buku Al-‘arobiyyah Baina Yadaik Jilid-3 (Studi Analisis Sintaksis Retorik). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Amar dalam Naskah Al-Qiro’ah Al-Muwassa’ah pada Buku Al-‘arobiyyah Baina Yadaik Jilid-3 (Studi Analisis Sintaksis Retorik)] Microsoft Word (Amar dalam Naskah Al-Qiro’ah Al-Muwassa’ah pada Buku Al-‘arobiyyah Baina Yadaik Jilid-3 (Studi Analisis Sintaksis Retorik)) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Ilmu Balaghah merupakan sebuah disiplin ilmu yang berkaitan dengan masalah kalimat, yaitu mengenai maknanya, susunannya, pengaruh jiwa terhadapnya, serta keindahan dan kejelian pemilihan kata yang sesuai dengan tuntutan. Didalam ilmu balaghah terdapat 3 sub ilmu yaitu ilmu bayan, ilmu ma’ani, dan ilmu badi’. Kajian dalam ilmu ma’ani adalah keadaan kalimat dan bagian-bagiannya termasuk didalamnya pembahasan tentang kalam insya’. Kalam insya ada dua jenis yaitu insya thalabi dan insya ghairu thalabi. Amar atau kalimat perintah merupakan salah satu kategori insya thalabi. Di dalam amar terdapat berbagai macam bentuk shighah dan makna-makna yang terkandung di dalamnya selain bermakna kalimat perintah. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana model amar yang terdapat dalam naskah Al-Qiro'ah Al-Muwassa’ah pada buku Al-‘Arobiyyah Baina Yadaik Jilid 3? , (2) Bagaimana cara membedakan dan menganalisis makna amar yang terdapat dalam naskah Al-Qiro'ah Al-Muwassa’ah pada buku Al-‘Arobiyyah Baina Yadaik Jilid 3?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui beberapa model amar yang terdapat dalam naskah Al-Qiro'ah Al-Muwassa’ah pada buku Al-‘Arobiyyah Baina Yadaik Jilid 3., (2) Untuk mengetahui cara membedakan dan menganalisis amar yang terdapat dalam naskah Al-Qiro'ah Al-Muwassa’ah pada buku Al-‘Arobiyyah Baina Yadaik Jilid 3. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian pustaka. Instrumen yang digunakan adalah kartu data. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis bahasa. Hasil penelitian ini adalah terdapat 145 data amar (kalimat perintah) dalam naskah Al-Qiro'ah Al-muwassa'ah, jumlah model amar berdasarkan shighah sebagai berikut data yang bershighah fi’il amar 125 data, fi’il mudhari’ yang disertai dengan lam amar 2 data, isim fi’il amar 17 data, mashdar pengganti fi’il 1 data. Sedangkan analisis berdasarkan makna diperoleh data sebagai berikut makna amar haqiqi berjumlah 132 data, irsyad 2 data, do’a 5 data, ta’jiz 2 data, tahdid 1 data, dan ibahah 3 data.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Naskah al-qiro’ah al-muwassa’ah, Amar, Studi analisis sintaksis retorik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Jun 2012 13:11
Last Modified: 02 Jun 2012 13:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12635

Actions (login required)

View Item View Item