Fotografi Peristiwa Olahraga Sepeda di Kota Tegal


Deni Priyatin, 2451307009 (2011) Fotografi Peristiwa Olahraga Sepeda di Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Fotografi Peristiwa Olahraga Sepeda di Kota Tegal] Microsoft Word (Fotografi Peristiwa Olahraga Sepeda di Kota Tegal) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Olahraga sepeda di Kota Tegal yang diperlombakan dalam kejuaraan olahraga terdiri dari tiga jenis cabang, yaitu: sepeda road (jalan raya), mountain bike (sepeda gunung) dan bicycle motorcross (BMX). Ada berbagai macam kegiatan yang menarik pada olahraga sepeda di Kota Tegal untuk dijadikan objek foto. Hal tersebut yang melatarbelakangi ketertarikan penulis untuk merekam peristiwa olahraga (sport) dalam karya fotografi, sebagai media menuangkan perasaan, ide atau gagasan dan ingin mengembangkan dokumentasi mengenai suasana dan peristiwa olahraga sepeda di Kota Tegal. Tujuan dari proyek studi ini adalah (1) menuangkan pengetahuan, perasaan, dan gagasan penulis mengenai kegiatan olahraga sepeda di Kota Tegal melalui karya fotografi, (2) mendokumentasikan berbagai peristiwa olahraga sepeda di Kota Tegal dalam karya fotografi dan (3) menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang olahraga sepeda dalam karya fotografi yang memiliki nilai estetis. Dalam penciptaan karya, alat yang digunakan adalah kamera Nikon D3000 dengan panjang lensa 18-55mm. Alasan pemilihan menggunakan alat ini adalah mudah digunakan dan cocok untuk fotografer pemula. Proses dalam penciptaan karya ini melalui tahapan (1) persiapan, (2) pencarian gagasan atau ide, (3) persiapan pemotertan, (4) proses pemotertan, (5) proses pencetakan, (6) penyajian. Hasil tugas berupa karya fotografi dengan objek utama peristiwa olahraga bersepeda atau dalam dunia olahraga sering disebut olahraga sport. Jumlah karya 16 buah dengan ukuran 12R (30cm x 40cm) dan berbingkai. Objek dalam karya tersebut sebagian besar menampilkan peristiwa olahraga sepeda yang ada di Kota Tegal, baik peristiwa olahrga sepeda road, montain bike maupun BMX. Subject matter remaja, orang dewasa sampai orang tua. Bentuk karya menggunakan format vertikal (portrait) dan horizontal (landscape). Berdasarkan hasil Tugas Akhir ini, maka dapat dikemukakan beberapa simpulan, antara lain: pertama, hasil karya fotografi sport yang diambil dengan angle dan teknik yang pas membuat objek tersebut terlihat lebih menarik ternyata telah dapat menuangkan pengetahuan, perasaan dan gagasan penulis mengenai olahraga sepeda di Kota Tegal. Kedua, karya fotografi yang dibuat dapat menjadi dokumentasi yang menarik tentang berbagai peristiwa olahraga sepeda di Kota Tegal. Ketiga, karya fotografi yang dibuat dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat sehingga olahraga sepeda di Kota Tegal lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fotografi, peristiwa olahraga, sepeda, Tegal
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Jun 2012 13:02
Last Modified: 02 Jun 2012 13:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12633

Actions (login required)

View Item View Item