Pengaruh Latihan front cone hops dan standing long jump terhadap kemampuan jauhnya menendang bola pada pemain klub Batang Boys Batang Tahun 2011.


Bagus Meida Mulya Junianto Hadi, 6301407006 (2011) Pengaruh Latihan front cone hops dan standing long jump terhadap kemampuan jauhnya menendang bola pada pemain klub Batang Boys Batang Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Latihan front cone hops dan standing long jump terhadap kemampuan jauhnya menendang bola pada pemain klub Batang Boys Batang Tahun 2011.]
Preview
PDF (Pengaruh Latihan front cone hops dan standing long jump terhadap kemampuan jauhnya menendang bola pada pemain klub Batang Boys Batang Tahun 2011.) - Published Version
Download (275kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) apakah ada pengaruh latihan front cone hops terhadap kemampuan jauhnya menendang bola pada pemain klub Batang Boys Batang ?, 2) apakah ada pengaruh latihan standing long jump terhadap kemampuan jauhnya menendang bola pada pemain Batang Boys Batang ?, 3) latihan manakah yang lebih baik antara latihan front cone hops dan standing long jump terhadap peningkatan kemampuan jauhnya menendang bola pada pemain klub Batang Boys Batang ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh latihan front cone hops terhadap kemampuan jauhnya menendang bola pada pemain klub Batang boys Batang, 2) Untuk mengetahui pengaruh latihan standing long jump terhadap kemampuan menendang bola pada pemain klub Batang Boys Batang, 3) Untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara latihan front cone hops dan latihan standing long jump terhadap peningkatan kemampuan menendang bola pada pemain klub Batang Boys Batang. Populasi penelitian ini adalah pemain klub Batang Boys Batang yang berjumlah 28 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu 20 orang. Variabel dalam penelitian ini yaitu latihan front cone hops dan standing long jump sebagai variable bebas, serta kemampuan jauhnya menendang bola dalam permainan sepakbola sebagai variabel terikat. Metode analisis pengumpulan data menggunakan metode eksperimen. Metode analisis data menggunakan rumus t-test.Hasil analisis data pre-test dan post-test kelompok Kontrol yang diberi latihan front cone hops diperoleh thitung = 8,29 ˃ttabel = 2,262. Analisis data pre-test dan post-test kelompok Eksperimen yang diberi latihan standing long jump diperoleh tHitung = 20,12 ˃tTabel = 2,262, yang berarti latihan front cone hops dan standing long jump berpengaruh terhadap hasil tendangan jauh. Pada kelompok yang dilatih front cone hops rata-rata hasil tendangan jauhnya meningkat dari 30,00 m menjadi 39,00 m atau meningkat 9,00 m, sedangkan kelompok yang dilatih standing long jump rata-rata hasil tendangan jauhnya 30,20 m menjadi 36,20 m atau meningkat 6,00 m Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa latihan front cone hops lebih baik daripada latihan standing long jump terhadap pengaruh hasil tendangan jauh.. Maka dari itu bagi pelatih dapat pula memberikan materi latihan kondisi fisik untuk menunjang hasil tendangan jauh menggunakan latihan standing long jump sebagai bentuk variasi agar kegiatan latihan tidak terkesan monoton dan membosankan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Latihan front cone hops dan standing long jump
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Jun 2012 01:50
Last Modified: 01 Jun 2012 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12618

Actions (login required)

View Item View Item