Efektifitas Teknik Pegangan Terhadap Hasil Pukulan Smash Pada Mahasiswa IKK Bulutangkis PKLO FIK UNNES Tahun 2010

M. Sony Hendrawan., 6301406046 (2011) Efektifitas Teknik Pegangan Terhadap Hasil Pukulan Smash Pada Mahasiswa IKK Bulutangkis PKLO FIK UNNES Tahun 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Efektifitas Teknik Pegangan Terhadap Hasil Pukulan Smash Pada Mahasiswa IKK Bulutangkis PKLO FIK UNNES Tahun 2010) - Published Version
Download (83Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah manakah yang lebih efektif antara teknik pegangan jabat tangan dan gebuk kasur terhadap hasil pukulan smash dalam permainan bulutangkis pada Mahasiswa IKK Bulutangkis PKLO FIK UNNES tahun 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas antara teknik pegangan jabat tangan dan gebuk kasur terhadap hasil pukulan smash dalam permainan bulutangkis pada Mahasiswa IKK Bulutangkis PKLO FIK UNNES tahun 2010. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 mahasiswa dari keseluruhan populasi yang tersedia, sehingga penelitian yang dilakukan merupakan penelitian total sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu teknik pegangan (grip) ada dua cara dengan pegangan jabat tangan dan gebuk kasur dan hasil kemampuan melakukan smash ada tiga cara dengan smash penuh, smash potong dan smash melingkar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik tes dan pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jenis pegangan jabat tangan lebih efektif daripada jenis pegangan gebuk kasur terbukti dari 60 kali pukulan sebanyak 38 kali pukulan (63,3%) dalam kategori baik, sedangkan menggunakan jenis pegangan gebuk kasur, sebanyak 33 pukulan (55%) dalam kategori tidak baik. Hasil uji chi square diperoleh nilai c2 hitung = 3, 76 < c2 tabel = 5,991 yang berarti ada perbedaan hasil smash Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa Efektifitas Teknik Pegangan Terhadap Hasil Pukulan Smash Pada Mahasiswa IKK Bulutangkis PKLO FIK UNNES Tahun 2010 pada saat ini adalah jenis pegangan jabat tangan lebih efektif dari jenis pegangan gebuk kasur. Saran yang peneliti berikan antara lain (1) Bagi pembina dan dosen pengampu mata kuliah IKK Bulutangkis PKLO FIK UNNES hendaknya lebih memperhatikan pemberian bentuk variasi teknik dan jenis smash dalam melakukan berbagai macam pukulan smash yang saat ini masih kurang, agar kualitas permainan bulutangkis mahasiswa dapat berkembang, (2) Bagi peneliti yang ingin mengembangkan tentang penelitian smash dapat melanjutkan dengan teknik pegangan lain dan jumlah sampel yang lebih banyak atau dengan atlet sesungguhnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Teknik Pegangan
    Subjects: O Sport > Physical fitness
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 31 May 2012 03:20
    Last Modified: 31 May 2012 03:20

    Actions (login required)

    View Item