Pengaruh Aktivitas Bermain Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Mampu Didik Di SDLB C Negeri Kota Tegal


Iklimah, 6250406004 (2012) Pengaruh Aktivitas Bermain Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Mampu Didik Di SDLB C Negeri Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Aktivitas Bermain Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Mampu Didik Di SDLB C Negeri Kota Tegal]
Preview
PDF (Pengaruh Aktivitas Bermain Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Mampu Didik Di SDLB C Negeri Kota Tegal) - Published Version
Download (60kB) | Preview

Abstract

Kemampuan Motorik Halus adalah segala aktivitas yang menggunakan otototot halus atau kecil. Gerakan motorik halus yang memerlukan gerakan dari jari-jari atau keterampilan jari sulit dikuasai anak tunagrahita, demikian juga tahapan perkembangan motorik pada mereka sangat lamban. Tahapan gerakan menggunakan bagian tubuh tertentu dan gerakan terarah sulit dicapainya, dan untuk mencapainya memerlukan latihan berulang-ulang dengan waktu yang lebih lama dibandingkan anak normal, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain terhadap kemampuan motorik halus anak tunagrahita mampu didik di SLB N Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian Pra-Eksperimental The one-group Pretest-Posttest Design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa ada kelompok pembanding. Subjek dari penelitian ini adalah anak tunagrahita mampu didik SLB N Kota Tegal. Instrumen untuk pengumpulan data menggunakan tes kemampuan motorik halus yang telah di uji validitas dan reabilitasnya, yaitu meronce manik, melempar bola tenis ke dalam keranjang, menangkap bola tenis, menyusun puzzle, menyusun benda geometri, meniti di atas papan keseimbangan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest), setelah itu diberi perlakuan (treatment) berupa permainan yang berhubungan dengan motorik halus selama 18 kali pertemuan dan dilakukan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh aktivitas bermain terhadap kemampuan motorik halus anak tunagrahita mampu didik di SLB N Kota Tegal. Uji hipotesis menunjukan t hitung (4.693) > dari t tabel (2.086) dan nilai p < dari 0,05, hal tersebut menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh aktivitas bermain terhadap kemampuan motorik. Hasil uji statistik kemampuan motorik mmenunjukan bahwa aktiviitas bermain dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan motorik halus anak tunagrahita mampu diidik SLB Negeri Kota Tegal. Bersadarkan kesimpulan tersebut, saran bagi peneliti berikutnya agar dapat mengembangkan penelitian tentang aktivitas bermain dan kemampuan motorik secara lebih mendalam. Sedangkan bagi guru penjas maupun pelatih olahraga adaptif, agar lebih kreatif dalam memberikan latihan bermain untuk annak adaptif, khususnya aktivitas bermain yang berhubungan dengan otot halus dan kasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas bermain, dan kemampuan motorik halus
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 May 2012 02:47
Last Modified: 31 May 2012 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12596

Actions (login required)

View Item View Item