Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Karangsekar Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang Tahun 2011


Eka Prastya Wardani, 6102909201 (2011) Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Karangsekar Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Karangsekar Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang Tahun 2011]
Preview
PDF (Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Karangsekar Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang Tahun 2011) - Published Version
Download (73kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran penjasorkes? Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran keseimbangan gerak melalui permainan ular-ularan bagi siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar dalam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan permainan), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dan evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini maka untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir modifikasi model pembelajaran permainan sederhana untuk siswa kelas IV dan V SD Negeri Karangsekar Kecamatan Kaliori yang dihasilkan melalui uji lapangan. Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 93% (sangat baik), ahli Pembelajaran I 90% (baik), ahli Permbelajaran II 92% (sangat baik), , uji kelompok kecil 87.2% (baik), dan uji lapangan 91.2% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan ini dapat digunakan bagi siswa kelas IV dan V SD Negeri Karangsekar Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru penjasorkes SD untuk menggunakan produk model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 May 2012 02:40
Last Modified: 31 May 2012 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12594

Actions (login required)

View Item View Item