Survei Tingkat Keterampilan Bermain Bola Basket Peserta Ekstrakurikuler Bola BasketSiswa Putra SMA Negeri Se- Kabupaten Wonosobo Tahun 2011.

Aditya Alanuari Dwi Sundawa, 6101407151 (2011) Survei Tingkat Keterampilan Bermain Bola Basket Peserta Ekstrakurikuler Bola BasketSiswa Putra SMA Negeri Se- Kabupaten Wonosobo Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Survei Tingkat Keterampilan Bermain Bola Basket Peserta Ekstrakurikuler Bola BasketSiswa Putra SMA NegeriSe- Kabupaten Wonosobo Tahun 2011.) - Published Version
Download (123Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah ”bagaimanakah tingkat keterampilan bermain bolabasket peserta ekstrakurikuler bola basket siswa putraSMA Negerise-Kabupaten Wonosobo tahun 2011?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan bermain bola basket peserta ekstrakurikuler bola basket siswa putra SMA Negerise-Kabupaten Wonosobo tahun 2011. Penelitian ini menggunakan metode survei tes dan pengukuran dalam pengambilan data.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putrapesertaekstrakurikuler bola basketSMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo tahun 2011 yang berjumlah 139 siswa.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total samplingdengan jumlah sampel 139 siswa. Variabel pada penelitian ini merupakan variabel terikat, yaitutingkat keterampilan bermain bola basket peserta ekstrakurikuler bola basket siswa putraSMA Negerise-Kabupaten Wonosobo tahun 2011 yang meliputi teknik melempar dan menangkap, menggiring bola, menembak, gerakan berporos, lay up shoot dan merayah. Instrumen penelitian ini menggunakan rangkaian tes tingkat keterampilan bermain bola basket yang meliputi,kemampuan menembak underbasket persatu menit, menggiring bola, dan memantulkan bola ke dinding atau tembok. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis statistikdeskriptif prosentase.. Berdasarkan analisis statistikdeskriptif prosentase, didapatkan hasil sebagai berikut:siswa yang masuk kedalam kategori baik sekali adalah 10 siswa denganjumlah prosentase7,19%, kemudian menunjukan siswa yang masuk kedalam kategori baik adalah 52 siswa dengan jumlah prosentase37,41%. Untuk siswa yang masuk kedalam kategori cukup adalah 73 siswadengan prosentase 52,52%. Sedangkan untuk siswa yang masuk kedalam kategori sedang adalah 4 siswa, dengan jumlah prosentase2,88% dan untuk kategori kurang, kurang sekali dan sangat kurang sekali adalah 0 siswa dengan jumlahprosentase 0%. Simpulan dari penelitian ini yaitu tingkat keterampilan bermain bola basket peserta ekstrakurikuler bola basket siswa putra SMA Negerise-Kabupaten Wonosobo tahun 2011 termasuk dalam kategori cukup, dengan jumlah total ratarata nilai skor-T seluruh item tes adalah 192 dan prosentase 52,52%. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu untuk siswa menambah frekuensi latihan dan memberikan pengalaman bertanding bagi peserta ekstrakurikuler. Sedangkan untuk guru dan pembina ekstrakurikuler bola basket disekolah untuk bekerjasama dengan klub yang sudah ada, menambah atau paling tidak menjaga sarana dan prasarana yang sudah ada, menyesuaikan progam latihan sesuai dengan kondisi dan situasi di Wonosobo, dan meningkatan kualitas dari pelatih.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Survei Tingkat Keterampilan Bermain Bola Basket
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 30 May 2012 20:54
    Last Modified: 30 May 2012 20:54

    Actions (login required)

    View Item