Model Pengembangan Pembelajaran Permainan Tradisional “Sudamanda” Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2011/ 2012
Reza Sholah Hakim., 6101407070 (2012) Model Pengembangan Pembelajaran Permainan Tradisional “Sudamanda” Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Model Pengembangan Pembelajaran Permainan Tradisional “Sudamanda” Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2011/ 2012)
- Published Version
Download (90kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitan ini adalah model pengembangan pembelajaran permainan tradisional sudamanda.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil model pengembanganpembelajaran permainan tradisional sudamanda pada siswa kelas V SD NegeriKalibanteng Kidul 02 Kota Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu : 1) melakukan pendahuluan dan pengumpulan informasi termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, 2) mengembangkan bentuk produk awal, 3) evaluasi ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, 4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji kelompok kecil, 5) uji kelompok besar, (6) revisi produk yang dilakukan berdasarkan uji kelompok besar, 7) hasil model pembelajaran permainan tradisional sudamanda pada siswa kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 02 yang dihasilkan melalui revisi uji coba kelompok besar. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 02), dan uji coba kelompok besar (39 siswa kelas V SD Negeri Kalibanteng 02).Teknik analisis data menggunakan teknik deskripsi presentase. Data hasil evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua guru penjasorkes SD) diperoleh jawaban untuk kategori sangat kurang 0%, kurang 0%, cukup20%, baik 60%, dan sangat baik 20%. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil untuk kategori sangat kurang 0%, kurang 0%, cukup 48,15%, baik 29,63%, dan sangat baik 22,22%. Data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban untuk kategorisangat kurang 0%, kurang 0%, cukup25,93%, baik 29,63%, dan sangat baik 44,44%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan rata-rata presentase 82,58% yang dinyatakan hasil pengembangan pembelajaran permainan tradisional efektif dalam pembelajaran penjasorkes kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 02. Sehingga dapat disarankan bagi guru penjasorkes SD Negeri Kalibanteng Kidul 02,agar dapat memanfaatkan model pengembangan pembelajaran ini, dan selalu kreatif di dalam pengembangan selanjutnya. Bagi siswa sekolah dasar agar dapat melakukan permainan ini dengan perasaan senang dan bahagia tanpa menghilangkan unsur permainan yang ada.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Pembelajaran Permainan Tradisional |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 30 May 2012 04:07 |
Last Modified: | 30 May 2012 04:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12561 |
Actions (login required)
View Item |