Pengembangan Model Pembelajaran Renang Gaya Crawl Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun 2011-2012


Yekti Anjari, 6101407010 (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Renang Gaya Crawl Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun 2011-2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Pembelajaran Renang Gaya Crawl Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun 2011-2012]
Preview
PDF (Pengembangan Model Pembelajaran Renang Gaya Crawl Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun 2011-2012) - Published Version
Download (95kB) | Preview

Abstract

Permasalahan disini diangkat berdasarkan pengamatan proses pembelajaran olahraga renang di kolam, dan wawancara terhadap guru penjas di SMP Negeri 1 Ungaran, siswa kurang aktif dan cenderung kurang bergerak. Hal ini dibuktikan pada saat pelajaran olahraga renang di kolam, beberapa siswa takut berenang, serta tidak adanya sarana seperti pelampung menyebabkan siswa kurang nyaman belajar dikolam renang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan proses pengembangan model pembelajaran renang Gaya Crawl Pada siswa SMP Negeri 1 Ungaran Tahun 2011/2012?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model pembelajaran renang pada pelajaran penjasorkes), (3) evaaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjasorkes dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama sebagai bahan perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran renang gaya crawl Pada siswa SMP Negeri 1 Ungaran yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan uji lapangan. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli 2(kategori baik), presentase hasil uji coba kelompok kecil 90% (sangat baik) dan presentase uji lapangan 74,83% (baik). Berdasarkan data tersebut maka pengembangan model pembelajaran renang Gaya Crawl dapat digunakan untuk Siswa SMP Negeri 1 Ungaran. Simpulan dari penelitian pengembangan ini adalah siswa lebih senang terhadap proses pembelajaran yang inovatif dan tidak membosankan. Pemberian model pembelajaran memberikan inovasi berbentuk alat peraga yang murah dan hemat membuat proses pembelajaran lebih mudah diikuti. hal ini dibuktikan dari hasil angket yang menyatakan model pembelajaran yang diberikan memenuhi kriteria baik. Saran yang dapat peneliti ajukan berdasarkan hasil penelitian di atas yaitu : untuk pengembangan skripsi ini adalah semoga dapat dikembangkan dan digunnakan sebagai salah satu media pengantar dalam proses pembelajaran di sekolah. Bagi guru Penjasorkes di SMP diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran renang Gaya Crawl yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model Pembelajaran Renang Gaya Crawl
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 May 2012 02:23
Last Modified: 30 May 2012 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12551

Actions (login required)

View Item View Item