Pengaruh Penggunaan Media Slide Presentasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Menggambar Busana di SMK Darul Amanah Sukorejo Kendal


Fathia.Rohmah, , 5401407006 (2012) Pengaruh Penggunaan Media Slide Presentasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Menggambar Busana di SMK Darul Amanah Sukorejo Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media Slide Presentasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Menggambar Busana di SMK Darul Amanah Sukorejo Kendal]
Preview
PDF (Pengaruh Penggunaan Media Slide Presentasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Menggambar Busana di SMK Darul Amanah Sukorejo Kendal) - Published Version
Download (118kB) | Preview

Abstract

SMK Darul Amanah Sukorejo Kendal merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang memadukan kurikulum SMK dengan kurikulum KEMENAG dan sudah terakreditasi B. Salah satu program keahlian SMK Darul Amanah Sukorejo kendal adalah program keahlian busana butik. Proses pembelajaran menggambar busana yang selama ini dilaksanakan di sekolah tersebut masih menggunakan metode konvensional dan hanya menggunakan media gambar saja, namun media gambar yang dipakai selama ini kurang efektif ketika diterapkan pada pembelajaran menggambar busana, hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang kurang maksimal karena 50 % dari siswa mendapat nilai kurang dari 70 yang merupakan nilai batas KKM, oleh karena itu dibutuhkan media yang dapat memberikan pemahaman lebih kongkret, sehingga guru perlu untuk mengembangkan media yang lebih kreatif dan diharapkan dapat berdampak positif pada motivasi dan hasil belajar siswa, Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media baru yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengangkat masalah (1) ada tidaknya pengaruh penggunaan media slide presentasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat menggambar busana di SMK Darul Amanah Sukorejo Kendal (2) besarnya pengaruh penggunaan media slide presentasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat menggambar busana di SMK Darul Amanah Sukorejo Kendal Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Nonrandomized subjects, pretest-postes group design. Pengaruh perlakuan diperhitungkan melalui perbedaan antara pretes dengan postes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pretes berguna untuk mengetahui kemampuan awal sampel. Tes yang kedua adalah postes, yaitu tes kemampuan akhir siswa dalam menyelesaikan latihan soal. Langkah terakhir adalah mencari seberapa besar pengaruh penggunaan media slide presentasi pada hasil belajar siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan angket. Data tes yang dikumpulkan kemudian dianalisis, sedangkan data observasi dan angket hanya melengkapi hasil afektif siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Darul Amanah Sukorejo Kendal program keahlian busana butik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media slide presentasi dengan program Microsoft PowerPoint. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X SMK Darul Amanah Sukorejo Kendal. Berdasarkan hasil penelitian eksperimen ini, didapatkan data bahwa Peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat menggambar busana dengan media slide presentasi cukup efektif. Hasil penilaian pada kelas eksperimen antara lain nilai rata-rata pretes 57,78, rata-rata postes 77,6, nilai psikomotorik 82,8 sedangkan penilaian pada kelas kontrol antara lain rata-rata nilai pretes 57,68 rata-rata postes 59,96. dan nilai psikomotorik 65. Berdasarkan data tersebut nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dibuktikan dengan hasil observasi kedisiplinan siswa yang meningkat sebesar 42 %, sedangkan minat dan motivasi siswa meningkat sebesar 67 %. Besarnya prosentase peningkatan hasil belajar kognitif dicari dengan menggunakan uji gain, besarnya peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen adalah 47,03% sedangkan pada kelas kontrol adalah 5,57 %. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antar penggunaan media slide presentasi dengan peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat menggambar busana di SMK Darul Amanah Sukorejo Kendal. Besarnya peningkatan hasil belajar dapat dicari dengan menggunakan uji gain, peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih besar daripada peningkatan pada kelas kontrol. Saran yang dapat diberikan terkait dengan penelitian ini adalah : (1) Bagi guru diharapkan lebih inovatif mengembangkan variasi media pembelajaran agar siswa tidak merasa jenuh karena proses pengulangan yang dilakukan secara terus-menerus, (2) Bagi siswa agar lebih aktif menambah pengetahuan tentang menggambar busana dari buku maupun internet sehingga tidak sekedar mengandalkan guru sebagai sumber belajar siswa, (3) Bagi sekolah agar menambah jumlah laboratorium bahasa agar dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran, (4) Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai data penelitian lanjutan berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Slide Presentasi, Menggambar Busana, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 May 2012 00:51
Last Modified: 30 May 2012 00:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12536

Actions (login required)

View Item View Item