Perencanaan Media Pembelajaran Pada Materi Ajar Kompetensi Dasar Kelistrikan AC dan DC di SMK Yudya Karya Magelang
Dicky Diazs.Iskandar, , 5301407031 (2012) Perencanaan Media Pembelajaran Pada Materi Ajar Kompetensi Dasar Kelistrikan AC dan DC di SMK Yudya Karya Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Perencanaan Media Pembelajaran Pada Materi Ajar Kompetensi Dasar Kelistrikan AC dan DC di SMK Yudya Karya Magelang)
- Published Version
Download (152kB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar adalah interaksi siswa dengan lingkungan belajar yang direncanakan sedemikian rupa untuk tujuan pengajaran. Untuk itu perlu adanya pembelajaran interaktif, dengan proses pengembangan profesional guru harus dipersiapkan untuk mampu mengimplementasikan kurikulum dalam konteks pembelajaran interaktif melalui pengintegrasian kegiatan belajar mengajar dengan penggunaan teknologi komputer dengan cara mendesain suatu materi pembelajaran yang menarik, bertujuan, sederhana dan fleksibel. Memanfaatkan teknologi komputer, guru dapat menyusun, memodifikasi, memeriksa dan mengkaji informasi untuk menyusun materi pembelajaran bagi siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berupa multimedia interaktif untuk pembelajaran program keahliah teknik pemanfaatan tenaga listrik dengan macromedia flash dan apakah pemakaian multimedia animasi gambar gerak ini sesuai untuk digunakan di SMK. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berbentuk multimedia interaktif untuk membantu pembelajaran dalam penyajian materi kompetensi “dasar kelistrikan AC dan DC” pada program keahlian teknik pemanfaatan tenaga listrik di SMK. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penyelesaian penelitian ini dengan wawancara, dokumentasi, dan angket / cheklist. Prosedur kerja dari pembuatan media pembelajaran dasar kelistrikan AC dan DC adalah perencanaan naskah, membuat skenario pembelajaran, membuat desain program pada komputer, preview, ujicoba program, evaluasi. Hasil ujicoba media pembelajaran secara keseluruhan responden, dari guru menyatakan 80,19 % dengan kriteria baik, dari siswa menyatakan 80,99 % dengan kriteria baik. Menurut hasil ujicoba kepada seluruh responden media pembelajaran dasar kelistrikan AC dan DC ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK dan telah memenuhi indikator keberhasilan dengan prosentase rata-rata sebesar 80,59 % atau dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, Dasar kelistrikan AC dan DC, macromedia flash. |
Subjects: | T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 29 May 2012 02:28 |
Last Modified: | 29 May 2012 02:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12526 |
Actions (login required)
View Item |