Perencanaan Modul Pembelajaran Sensor dan Transduser di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang


Himatul.Ulya,, 5301407020 (2011) Perencanaan Modul Pembelajaran Sensor dan Transduser di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perencanaan Modul Pembelajaran Sensor dan Transduser di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang]
Preview
PDF (Perencanaan Modul Pembelajaran Sensor dan Transduser di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (407kB) | Preview

Abstract

Berbagai cara dilakukan oleh seorang pendidik dalam upaya peningkatan hasil belajar peserta didiknya. Mahasiswa di tuntut untuk mencari referensi materi sendiri dan dosen pengampu tidak memberikan patokan materi karena cakupan materi yang sangat luas sehingga mahasiswa menjadi bingung untuk mempelajarinya. Mahasiswa membutuhkan buku teks pelajaran sebagai salah satu sumber belajar dalam kegiatan belajarnya. Kenyataannya tidak semua mahasiswa memiliki buku teks pelajaran yang dianjurkan. Bahkan untuk buku sensor dan transduser sangat sulit ditemukan di perpustakaan, sehingga mahasiswa sulit untuk menemukan materi sensor dan transduser secara rinci. Di Universitas Negeri Semarang berdasarkan penelitian sementara yang dilakukan oleh peneliti pada khususnya mata kuliah sensor dan tranduser 4% pendidik menggunakan media modul dan 96 % pendidik masih menggunakan media lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran Sensor dan Transduser yang diterapkan pada mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah modul pembelajaran sensor dan transduser yang dikembangkan layak untuk pembelajaran mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang . Penelitian dilaksanakan dengan pengembangan Research and Development (R&D) di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang (PTE 2010) dengan jumlah 30 orang. Data kelayakan modul diukur dengan pedoman penulisan modul dalam rangka proses belajar mengajar program profesional, tanggapan ahli pengembang perangkat pembelajaran dan tanggapan ahli materi. Data dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria umum, tanggapan ahli pengembang perangkat pembelajaran dan ahli materi menunjukkan perangkat pembelajaran telah layak digunakan dalam pembelajaran dalam kriteria baik dan cukup baik. Berdasarkan tanggapan mahasiswa, modul pembelajaran telah memenuhi dalam pembelajaran pada mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Simpulan penelitian ini adalah secara umum modul pembelajaran sensor dan transduser telah layak digunakan dalam pembelajaran dan sudah memenuhi kebutuhan mahasiswa, tetapi masih terdapat kekurangan. Supaya modul menjadi lebih sempurna, modul pembelajaran masih perlu diperbaiki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran, Sensor dan Transduser
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 May 2012 02:22
Last Modified: 29 May 2012 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12524

Actions (login required)

View Item View Item