Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran Area Matematika untuk Siswa Taman Kanak-Kanak Tat Twam Asi Pati.


Wiwid Haniffudin, , 5301407019 (2012) Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran Area Matematika untuk Siswa Taman Kanak-Kanak Tat Twam Asi Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran Area Matematika untuk Siswa Taman Kanak-Kanak Tat Twam Asi Pati.]
Preview
PDF (Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran Area Matematika untuk Siswa Taman Kanak-Kanak Tat Twam Asi Pati.) - Published Version
Download (82kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, maka dunia pendidikan juga dituntut untuk dapat mengimbangi kemajuan dan perkembangan tersebut, agar dunia pendidikan dapat memberikan output yang dapat bersaing mengimbangi perkembangan tersebut, maka perlu adanya pengenalan tentang teknologi dari dini. Dengan metode penggunaan media pembelajaran animasi dalam pembelajaran area matematika, siswa akan lebih tertarik perhatiaanya dalam mengikuti pelajaran. Metode ini juga merupakan metode interaktif, karena banyak menggunakan (teks, audio, image, dan animasi bergerak) sehingga memungkinkan siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana membuat modul interaktif berbasis animasi pada pembelajaran area matematika dan mengetahui kelayakan modul pembelajaran interaktif berbasis animasi sebagai pendukung proses pembelajaran area matematika pada Taman Kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan metode pengumpulan data Angket dan Observasi yang digunakan untuk mengetahui apakah modul pembelajaran layak digunakan sebagai sarana pendukung proses pembelajaran area matematika untuk siswa Taman Kanak-kanak. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif prosentase. Ujicoba yang telah dilakukan kepada guru dan ahli media, menunjukkan bahwa model pembelajaran dalam criteria Sangat baik dengan rincian, penilaian dari guru kriteria pendidikan 88,1%, kriteria tampilan modul 88,75%. Penilaian dari pakar media, kriteria pendidikan 80,25%, kriteria tampilan program 78,9%, kriteria kualitas teknik 83,9%. Hasil observasi tanggapan siswa terhadap modul interaktif sebesar 91,6%. Modul pembelajaran yang dikembangkan peneliti telah dinyatakan layak oleh para validator yang terdiri dari Guru dan ahli media. Guru maupun ahli media menilai bahwa kelayakan modul pembelajaran ini terletak pada kategori sangat baik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran efektif digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran area matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul Interaktif, Area Matematika,
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 May 2012 02:18
Last Modified: 29 May 2012 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12523

Actions (login required)

View Item View Item