Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Siswa kelas II TPm-4 SMK Wiworotomo Purwokerto


Mugi Waluyo, 5201407043 (2011) Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Siswa kelas II TPm-4 SMK Wiworotomo Purwokerto. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Siswa kelas II TPm-4 SMK Wiworotomo Purwokerto]
Preview
PDF (Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Siswa kelas II TPm-4 SMK Wiworotomo Purwokerto) - Published Version
Download (102kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah tentang peningkatan kualitas pembelajaran jika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe learning together pada kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut siswa kelas II TPm-4 SMK Wiworotomo Purwokerto. Sebelumnya dalam penyampaian materi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut, guru masih menngunakan model ceramah biasa, yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan siswa terkesan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah adanya pembelajaran dengan menggunakan kooperatif tipe learning together dan seberapa besar peningkatan prestasi belajar pada kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut. Variable hasil dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa adapun pembelajaran dengan menggunakan kooperatif tipe learning together sebagai variable tindakan. Analisis data menggunakan deskriptif presentase, dengan menghitung nilai rata-rata pada tiap siklus. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan prestasi belajar siswa pada kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut. Hasil tes untuk kerja siklus I nilai rata-rata 76,00 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,91, nilai rata-rata yang di atas nilai KKM yaitu 75.00. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe learning together pada kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut telah berjalan dengan baik karena kualitas belajar siswa yang mengikuti pembelajaran kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut mengalami peningkatan 4,91 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: melakukan pekerjaan dengan mesin bubut, kooperatif tipe learning together, prestasi belajar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 May 2012 00:00
Last Modified: 29 May 2012 00:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12508

Actions (login required)

View Item View Item