Efek Pemanfaatan Job Sheet Interaktif Terhadap Hasil Belajar Materi Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XII Mekanik Otomotif SMK Negeri 4 Semarang Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012.

Abdul Sofyan Setyawan, 5201407001 (2011) Efek Pemanfaatan Job Sheet Interaktif Terhadap Hasil Belajar Materi Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XII Mekanik Otomotif SMK Negeri 4 Semarang Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Efek Pemanfaatan Job Sheet Interaktif Terhadap Hasil Belajar Materi Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XII Mekanik Otomotif SMK Negeri 4 Semarang Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012.) - Published Version
Download (127Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang Efek Pemanfaatan Job Sheet Interaktif Terhadap Hasil Belajar Materi Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XII Mekanik Otomotif SMK Negeri 4 Semarang Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang memanfaatkan dan tanpa memanfaatkan job sheet interaktif serta efek pemanfaatan job sheet interaktif terhadap hasil belajar materi tune up motor bensin siswa kelas XII Mekanik Otomotif SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Mekanik Otomotif SMK Negeri 4 Semarang yang berjumlah 97 siswa terbagi dalam tiga kelas yaitu XIIMO1, XIIMO2, dan XIIMO3. Penelitian yang dilakukan hanya dua kelas yang diambil berdasarkan random sample dengan undian didapat siswa kelas XIIMO2 sejumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XIIMO3 sejumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data mendapatkan bahwa hasil belajar materi tune up motor bensin sebelum tanpa memanfaatkan job sheet interaktif dan sebelum memanfaatkan job sheet interaktif (pre test) hasilnya tidak ada perbedaan yang signifikan. Sedangkan hasil belajar materi tune up motor bensin setelah tanpa memanfaatkan job sheet interaktif dan setelah memanfaatkan job sheet interaktif (post test) terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya hasil belajar siswa yang tanpa memanfaatkan job sheet interaktif sebesar 62,5% dan hasil belajar siswa yang memanfaatkan job sheet interaktif sebesar 81,8%. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada efek pemanfaatan job sheet interaktif terhadap hasil belajar materi tune up motor bensin.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: job sheet interaktif, tune up motor bensin
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 28 May 2012 03:31
    Last Modified: 28 May 2012 03:31

    Actions (login required)

    View Item