Pengaruh Kemampuan Membaca Gambar Teknik Terhadap Hasil Belajar Prakerin Siswa Kelas III Program Keahlian Teknik Permesinan di SMK N 5 Semarang.


Bari Sana A.W. , 5201405524 (2011) Pengaruh Kemampuan Membaca Gambar Teknik Terhadap Hasil Belajar Prakerin Siswa Kelas III Program Keahlian Teknik Permesinan di SMK N 5 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kemampuan Membaca Gambar Teknik Terhadap Hasil Belajar Prakerin Siswa Kelas III Program Keahlian Teknik Permesinan di SMK N 5 Semarang.]
Preview
PDF (Pengaruh Kemampuan Membaca Gambar Teknik Terhadap Hasil Belajar Prakerin Siswa Kelas III Program Keahlian Teknik Permesinan di SMK N 5 Semarang.) - Published Version
Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan empat permasalahan yaitu: 1) Bagaimana kemampuan membaca gambar siswa. 2) Bagaimana hasil belajar prakerin. 3) Apakah terdapat pengaruh kemampuan membaca gambar terhadap hasil belajar. 4) Seberapa besar pengaruh tersebut pada siswa kelas III program keahlian teknik pemesinan di SMKN 5 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca gambar teknik siswa, untuk mengetahui hasil belajar prakerinnya, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan membaca gambar teknik terhadap hasil belajar prakerin siswa kelas III di SMKN 5 Semarang, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut bila terdapat pengaruh. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode ex-postfacto dimana populasinya adalah siswa kelas III program keahlian teknik permesinan di SMKN 5 Semarang dengan jumlah siswa 60 siswa. Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti, dengan dasar tersebut maka dengan seluruh anggota populasi penelitian ini akan digunakan sebagai sampel penelitian yaitu semua siswa kelas III, karena hanya berjumlah 60 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Hasil analisis data didapatkan bahwa kondisi kemampuan membaca gambar teknik siswa kelas III program keahlian di SMKN 5 Semarang sudah sangat baik. Hal ini tidak berpengaruh banyak terhadap hasil belajar mereka. Kebanyakan dari mereka mempunyai hasil belajar dengan kriteria lebih dari cukup. Dari hasil analisis data juga diketahui bahwa terdapat pengaruh kemampuan membaca gambar teknik terhadap hasil belajar prakerin. Besarnya pengaruhnya adalah 42,2% yang dipengaruhi oleh kemampuan membaca gambar teknik dan 57,8% dipengaruhi oleh faktor lain selain variabel yang terdapat pada persamaan tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, membaca gambar, prakerin
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 07:25
Last Modified: 28 May 2012 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12502

Actions (login required)

View Item View Item