Hubungan Antara Tanggapan Mahasiswa Tentang Penggunaan Media Education Entertainment (Edutainment) Dengan Hasil Belajar Pokok Bahasan Rangka Batang Metode Cullman dan Ritter Mahasiswa D3 Teknik Sipil Unnes.


Nasrul Falakh. , 5101407023 (2011) Hubungan Antara Tanggapan Mahasiswa Tentang Penggunaan Media Education Entertainment (Edutainment) Dengan Hasil Belajar Pokok Bahasan Rangka Batang Metode Cullman dan Ritter Mahasiswa D3 Teknik Sipil Unnes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Antara Tanggapan Mahasiswa Tentang Penggunaan Media Education Entertainment (Edutainment) Dengan Hasil Belajar Pokok Bahasan Rangka Batang Metode Cullman dan Ritter Mahasiswa D3 Teknik Sipil Unnes.]
Preview
PDF (Hubungan Antara Tanggapan Mahasiswa Tentang Penggunaan Media Education Entertainment (Edutainment) Dengan Hasil Belajar Pokok Bahasan Rangka Batang Metode Cullman dan Ritter Mahasiswa D3 Teknik Sipil Unnes.) - Published Version
Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tanggapan mahasiswa tentang media pembelajaran education entertainment (edutainment) dengan hasil belajar pokok bahasan rangka batang metode Cullman dan Ritter materi mata kuliah Mekanika Teknik II pada mahasiswa D3 Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan rancangan “korelasi sederhana” dengan model purposive sample (sampel bertujuan). Sampel yang digunakan adalah mahasiswa D3 Teknik Sipil angkatan 2010 Unnes yang mengikuti mata kuliah mekanika teknik II semester ganjil tahun 2011/2012. Terdapat 29 mahasiswa sebagai sampel penelitian dari total 35 mahasiswa pada rombel tersebut. Keduapuluhsembilan mahasiwa tersebut diberikan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis edutainment materi metode Cullman dan Ritter mekanika teknik II. Media pembelajaran tersebut juga diberikan kepada seluruh sampel penelitian sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat dijelajahi oleh penggunanya. Kemudian mahasiswa tersebut diberikan angket tanggapan dan tes akhir sebagai data hasil belajar penggunaan media pembelajaran berbasis edutainment. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tanggapan dan tes hasil belajar. Kedua instrumen tersebut telah diuji tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya sehingga kedua instrumen dapat dikatakan memenuhi syarat untuk alat pengambilan data penelitian. Analisis data penelitian menggunakan analisis korelasi product moment dari Karl Pearson. Perhitungan yang akan digunakan adalah korelasi product moment pearson dengan Two Tailed (Uji dua sisi). Hasil penelitian diolah dengan menggunakan progam komputasi SPSS versi 19 dengan hasil : dari data analisis korelasi product moment menunjukkan korelasi (r) sebesar 0,761 dengan p = 0,000, hal ini menunjukkan adanya korelasi atau hubungan antara tanggapan mahasiswa tentang penggunaan media pembelajaran berbasis edutainment dengan hasil belajar pokok bahasan metode Cullman dan Ritter dengan arah hubungan positif. Artinya, jika tanggapan mahasiswa tentang penggunaan media pembelajaran berbasis edutainment tinggi, maka hasil belajar mahasiswa juga akan tinggi dan sebaliknya. Saran dari hasil penelitian ini yaitu : 1) Pendidik dapat menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis education entertainment (edutainment) yang lebih inovatif dan menarik peserta didik. 2) Media pembelajaran berbasis edutainment diharapkan dapat lebih dikembangkan lagi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Education Entertainment (Edutainment), Rangka Batang Metode Cullman dan Ritter
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 06:35
Last Modified: 28 May 2012 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12501

Actions (login required)

View Item View Item