Pengembangan Website Pembelajaran Materi Plantae sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Negeri 1 Slawi.


Upik D.Susilo, , 4401407077 (2011) Pengembangan Website Pembelajaran Materi Plantae sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Negeri 1 Slawi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Website Pembelajaran Materi Plantae sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Negeri 1 Slawi.]
Preview
PDF (Pengembangan Website Pembelajaran Materi Plantae sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Negeri 1 Slawi.) - Published Version
Download (14kB) | Preview

Abstract

Observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Slawi menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam pembelajaran materi plantae, akibatnya nilai hasil belajar siswa rendah. Berdasar analisis kebutuhan, terdapat potensi di SMA Negeri 1 Slawi, yaitu adanya fasilitas hotspot dan penggunaan laboratorium komputer yang pemanfaatannya belum maksimal. Hal ini dapat digunakan sebagai dasar pengembangan media belajar berbasis komputer dalam bentuk website pembelajaran, mengingat website pembelajaran mempunyai kelebihan akses yang tak terbatas sehingga siswa bisa mengakses informasi tidak terbatas pada satu sumber. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media belajar yang sudah digunakan di SMA Negeri 1 Slawi, menghasilkan website materi plantae yang valid dan dapat diterapkan dalam pembelajaran Biologi SMA, serta mengevalusai penerapan website pembelajaran materi plantae. Penelitian dirancang sebagai penelitian Research and Development (R&D). Keefektifan website diuji menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design yang dilakukan di SMA Negeri 1 Slawi. Subjek penelitian ditentukan dengan convinience purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menggunakan buku teks, dan modul sebagai media belajar, namun belum mengembangkan website. Hasil validasi website memenuhi kriteria layak (pakar media 87,17% dan pakar materi 86,67%). Tanggapan siswa terhadap website pada uji coba awal sangat layak (85,5%). Website materi plantae yang dikembangkan mempunyai kelebihan yaitu adanya link dan akses yang tidak terbatas, adanya link pada website membantu siswa memahami materi plantae tidak terbatas pada satu sumber. Efektifitas website ditunjukan dengan jumlah siswa kelas eksperimen yang mencapai KKM lebih banyak (88%) dibanding kelas kontrol (44%). Berdasarkan analisis t-test, kelas eksperimen mempunyai selisih nilai pre-test dan post-test yang secara signifikan lebih tinggi daripada kelas kontrol. Tanggapan guru mengenai keterterapan website sangat layak (100%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa website pembelajaran materi plantae yang dikembangkan efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran Biologi materi plantae di SMA Negeri 1 Slawi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Website pembelajaran, plantae
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 01:39
Last Modified: 28 May 2012 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12485

Actions (login required)

View Item View Item