Pemanfaatan Blog sebagai Media Penyampaian materi Protista untuk kelas X SMA.


Erna. Martiani, 4401407068 (2011) Pemanfaatan Blog sebagai Media Penyampaian materi Protista untuk kelas X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Blog sebagai Media Penyampaian materi Protista untuk kelas X SMA.]
Preview
PDF (Pemanfaatan Blog sebagai Media Penyampaian materi Protista untuk kelas X SMA.) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 5 Purwokerto memiliki laboratorium komputer serta fasilitas hotspot area di lingkungan sekolah, sehingga memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran biologi. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 5 Purwokerto, diketahui hasil belajar siswa kelas X untuk materi protista masih belum mencapai KKM 70 dan ketuntasan klasikal masih belum mencapai 75%. Data tersebut menunjukan masih kurangnya tingkat pemahaman siswa pada materi protista. Hal tersebut dikarenakan masih kurangnya motivasi siswa dalam belajar karena pembelajaran selalu menggunakan metode ceramah dan belum optimalnya pemanfaatan media serta sumber belajar yang ada. Maka dari itu diperlukan media penyampaian materi yang baru yang sesuai dengan materi protista dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber belajar/media pembelajaran yang digunakan di SMA, mengetahui blog yang layak dikembangkan sebagai media penyajian materi Protista dalam pembelajaran, serta mengetahui kelayakan pemanfaatan blog sebagai media penyajian materi dalam pembelajaran Materi Protista untuk SMA. Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Pengembangan blog sebagai media penyajian materi protista diuji kelayakannya oleh ahli matei dan ahli media sebelum dilakukan uji coba awal. Penelitian dilaksanakan di SMA N 3 Purwokerto, pada semester gasal tahun ajaran 2011/2012 sebagai uji coba awal. Sampel penelitian kelas X7 ditentukan dengan teknik purpossive sampling. Untuk uji coba lapangan dilakukan di SMA N 5 Purwokerto. Sampel penelitian kelas X6 dan X7. Data berupa, hasil uji kelayakan dari ahli media dan ahli materi, hasil belajar siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru yang diperoleh dari angket uji kelayakan ahli media dan materi, soal evaluasi, angket tanggapan siswa, dan lembar panduan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kriteria penilaian kelayakan media pembelajaran oleh pakar materi 100% dan hasil penilaian pakar media 87%. Ketuntasan klasikal kelas X6 sebesar 83% dan kelas X7 sebesar 82% Tanggapan siswa terhadap pembelajaran baik. Tanggapan guru juga baik terhadap pemanfaatan blog sebagai media penyampaian materi Protista. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa blog media penyampaian materi Protista yang dikembangkan sangat layak berdasarkan penilaian dari pakar media dan materi, implementasi dalam pembelajaran dimana siswa yang tuntas KKM 70 sebanyak 75%, dan tanggapan yang positif dari guru dan siswa dalam implementasi pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Blog, Media Penyajian Materi, Protista
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 01:35
Last Modified: 28 May 2012 01:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12484

Actions (login required)

View Item View Item