Penerapan Pendekatan SAVI dikombinasikan dengan Metode Card Sort pada Materi Sistem Gerak di SMP N 3 Magelang.


Dwi Nur.Arifiani, , 4401407060 (2012) Penerapan Pendekatan SAVI dikombinasikan dengan Metode Card Sort pada Materi Sistem Gerak di SMP N 3 Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan SAVI dikombinasikan dengan Metode Card Sort pada Materi Sistem Gerak di SMP N 3 Magelang.]
Preview
PDF (Penerapan Pendekatan SAVI dikombinasikan dengan Metode Card Sort pada Materi Sistem Gerak di SMP N 3 Magelang.) - Published Version
Download (14kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru biologi, siswa-siswa kelas VIII SMP N 3 Magelang memiliki gaya belajar yang berbeda. Pada saat guru menyampaikan materi menggunakan metode ceramah siswa kurang memperhatikan dan hasil belajar kurang optimal, siswa jarang bertanya dan tidak aktif dalam kegiatan diskusi. Siswa lebih menyukai pembelajaran disampaikan melalui praktikum atau melihat video. Materi sistem gerak memiliki tingkat kesukaran cukup tinggi yaitu terdapat hal-hal yang menyangkut konsep, klasifikasi dan proses yang akan sulit dipahami jika disampaikan dengan metode ceramah saja. Maka dari itu diperlukan pendekatan dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi sistem gerak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan pendekatan SAVI dikombinasikan dengan metode card sort pada materi sistem gerak di SMP N 3 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design melalui penerapan pendekatan SAVI yang dikombinasikan dengan metode card sort pada materi sistem gerak, dilaksanakan di SMP N 3 Magelang, pada semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian kelas VIII B dan VIII C ditentukan dengan teknik purpossive sampling. Data berupa aktivitas siswa, hasil belajar siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru, yang masing-masing diperoleh dari tes ulangan harian, instrumen lembar observasi aktivitas siswa, angket tanggapan siswa, dan lembar panduan wawancara. Data tersebut dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang aktif dan sangat aktif secara klasikal pada kedua kelas sebesar 88,88%, pencapaian ketuntasan belajar siswa sebesar 89,53%, tanggapan siswa terhadap pembelajaran baik. Tanggapan guru juga baik terhadap pendekatan SAVI dikombinasikan dengan metode card sort. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pendekatan SAVI dikombinasikan dengan metode card sort efektif diterapkan pada materi sistem gerak di SMP N 3 Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI, Metode Card Sort, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Sistem Gerak Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 01:32
Last Modified: 28 May 2012 01:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12483

Actions (login required)

View Item View Item