Pengembangan Bilingual Pocket Book pada Materi Bryophyta sebagai Sebagai Bahan Belajar Siswa SMA Kelas X


Hanim Fudlila.Nofiana, , 4401407056 (2011) Pengembangan Bilingual Pocket Book pada Materi Bryophyta sebagai Sebagai Bahan Belajar Siswa SMA Kelas X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Bilingual Pocket Book pada Materi Bryophyta sebagai Sebagai Bahan Belajar Siswa SMA Kelas X]
Preview
PDF (Pengembangan Bilingual Pocket Book pada Materi Bryophyta sebagai Sebagai Bahan Belajar Siswa SMA Kelas X) - Published Version
Download (15kB) | Preview

Abstract

Adanya Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) menimbulkn kebutuhan akan bahan belajar bilingual untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan observasi di salah satu SMA di kabupaten Kendal, Materi Bryophyta membutuhkan bahan belajar pendamping selain preparat asli. Bilingual Pocket Book pada materi Bryophyta merupakan buku saku materi Bryophyta yang disajikan dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan inggris dilengkapi dengan gambar-gambar yang relevan sehingga menarik siswa untuk membacanya selain itu pocket book juga mudah untuk dibawa sehingga siswa bisa belajar di mana saja. Tujuan penelitian ini adalah Mengembangkan Bilingual Pocket Book pada materi Bryophyta sesuai acuan BNSP sehingga layak digunakan sebagai Bahan belajar siswa kelas X. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian Research and Development (R&D). Jenis data yang diambil data kualitatif terdiri dari hasil validasi dan tanggapan siswa dianalisis dengan cara deskriptif presentatif dan data kuantitatif terdiri dari data hasil belajar siswa dianalis secara deskriptif kuantitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli menyatakan > 70 % memenuhi standar kelayakan alat bantu mengajar menurut BSNP yaitu sebesar 90,44% dan hasil belajar 70% di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75. Hasil belajar siswa menunjukan 93,93% siswa mencapai KKM yang telah ditentukan. Rata-rata hasil belajar kelas uji coba produk di SMA N 1 Boja sebesar 80,83dan pada uji pelaksanaan lapangan rata-rata nilai kelas adalah 85,38. Pada kelas uji pelaksanaan lapangan memberikan tanggapan posistif tehadap penggunaan Bilingual Pocket Book pada materi Bryopyta. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Bilingual Pocket Book pada materi Bryophyta memenuhi kriteria standar BSNP dan layak digunakan bahan belajar siswa kelas X

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bilingual Pocket Book, Bryophyta
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 01:29
Last Modified: 28 May 2012 01:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12482

Actions (login required)

View Item View Item