Pengembangan Buku Pop Up Materi Sistem Peredaran Darah Manusia bagi Siswa Kelas VIII.


Zulfa.Rahmawati, , 4401407005 (2012) Pengembangan Buku Pop Up Materi Sistem Peredaran Darah Manusia bagi Siswa Kelas VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Buku Pop Up Materi Sistem Peredaran Darah Manusia bagi Siswa Kelas VIII.]
Preview
PDF (Pengembangan Buku Pop Up Materi Sistem Peredaran Darah Manusia bagi Siswa Kelas VIII.) - Published Version
Download (62kB) | Preview

Abstract

Buku merupakan salah satu media yang paling sering digunakan oleh guru sebagai bahan ajar. Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang, SMP Negeri 2 Batang, dan SMP Negeri 6 Batang, diketahui bahwa karakteristik siswa di ketiga SMP tersebut adalah cenderung menyukai belajar dengan membaca dan melihat gambar, terutama gambar-gambar yang bersifat menghibur. Namun, buku-buku IPA yang dibaca dan digunakan oleh siswa sebagai sumber belajar belum memfasilitasi minat baca siswa secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bahan ajar berupa buku pop up materi sistem peredaran darah manusia sesuai dengan standar penilaian buku teks menurut BSNP yang dimodifikasi tersebut layak menurut penilaian validator serta efektif digunakan sebagai alat bantu untuk mencapai kompetensi yang sesuai dengan kurikulum. Penelitian ini dirancang menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dimodifikasi. Penilaian validator terhadap produk dianalisis dengan cara deskriptif presentase. Penelitian ini menggunakan 2 tahap uji coba, yaitu uji coba produk dan uji pelaksanaan lapangan. Uji coba produk dilaksanakan oleh 10 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang dan uji pelaksanaan lapangan dilaksanakan di kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 1 Batang. Variabel yang diteliti yaitu bahan ajar berbentuk buku pop up yang divalidasi oleh pakar, hasil belajar siswa kelas VIII materi sistem peredaran darah manusia pada uji pelaksanaan lapangan, tanggapan guru, dan tanggapan siswa mengenai bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil penilaian pakar terhadap bahan ajar sebesar 93,03% dengan kriteria “sangat layak”. Pada tahap uji coba produk sebanyak 95,35% siswa menanggapi positif terhadap buku pop up yang digunakan, sedangkan tanggapan positif siswa pada tahap uji pelaksanaan lapangan sebanyak 93, 60%. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 78,12% untuk kelas VIII A dan 82,75% untuk kelas VIII B. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar materi sistem peredaran darah manusia berbentuk buku pop up telah sesuai dengan standar penilaian buku teks SMP/MTs menurut BSNP serta layak menurut penilaian validator dan layak digunakan sebagai bahan ajar kelas VIII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar, buku pop up, sistem peredaran darah manusia
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 01:03
Last Modified: 28 May 2012 01:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12473

Actions (login required)

View Item View Item