Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Bahan Ajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP N 3 Kembang Jepara.


Yhuni Pipit. Natalia, , 4401406075 (2012) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Bahan Ajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP N 3 Kembang Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Bahan Ajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP N 3 Kembang Jepara.]
Preview
PDF (Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Bahan Ajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP N 3 Kembang Jepara.) - Published Version
Download (135kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran membutuhkan sebuah bahan ajar dalam proses kegiatan belajar. Penggunaan bahan ajar membuat siswa lebih mudah dalam memahami setiap pelajaran yang dipelajari. Bahan ajar dapat berupa Lembar Kerja Siswa (LKS). Lembar kegiatan biasanya berupa petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas. Lembar Kerja Siswa, dapat membantu siswa dalam mempelajari suatu materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis lingkungan sekitar sekolah pada materi klasifikasi makhluk hidup, yang digunakan sebagai bahan ajar di SMP N 3 Kembang Jepara. Lokasi penelitian di SMP N 3 Kembang Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII sebanyak dua kelas. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D). Data dianalisis dengan menggunakan uji deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas uji coba kelas VIIE, 76,92% siswa mendapatkan nilai ≥ 64, sedangkan pada kelas yang diteliti yaitu kelas VIIA dan VIIB mencapai 78,94% dan 84,21%. Keaktifan siswa mencapai kriteria sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Guru dan siswa memberikan tanggapan yang sangat baik terhadap penerapan LKS hasil pengembangan. Hasil validasi/penilaian materi hewan menunjukkan bahwa materi dalam LKS memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase sebesar 80%. Hasil validasi/penilaian materi tumbuhan memperoleh kriteria layak dengan persentase 73,33%, dengan rerata 76,66% yang berkriteria sangat layak. Hasil validasi/penilaian tentang bahan ajar (LKS) oleh penilai menunjukkan bahwa penilaian bahan ajar (LKS) memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase sebesar 86%. Hasil uji kelayakan LKS oleh guru diperoleh sebesar 95,53% dengan kriteria sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Lingkungan Sekitar Sekolah yang diterapkan pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup layak digunakan sebagai bahan ajar di SMP Negeri 3 Kembang Jepara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS, Klasifikasi Makhluk Hidup, Lingkungan Sekitar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 00:50
Last Modified: 28 May 2012 00:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12469

Actions (login required)

View Item View Item