Preparasi dan Karakterisasi Katalis Ni-Mo/Zeolit Alam Sebagai Katalis Perengkahan Sampah Plastik HDPE.


Susgadarsukawati, Novia Frida., 4350407046 (2012) Preparasi dan Karakterisasi Katalis Ni-Mo/Zeolit Alam Sebagai Katalis Perengkahan Sampah Plastik HDPE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Preparasi dan Karakterisasi Katalis Ni-Mo/Zeolit Alam Sebagai Katalis Perengkahan Sampah Plastik HDPE.]
Preview
PDF (Preparasi dan Karakterisasi Katalis Ni-Mo/Zeolit Alam Sebagai Katalis Perengkahan Sampah Plastik HDPE.) - Published Version
Download (16kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan preparasi, modifikasi, karakterisasi katalis logam bimetal Ni-Mo yang diembankan ke dalam zeolit alam aktif. Modifikasi katalis dilakukan dengan perbedaan urutan pengembanan logam Ni-Mo ke dalam pengemban zeolit alam aktif dan memvariasikan jumlah logam teremban yaitu 1% b/b, 3% b/b, 5% b/b untuk masing-masing katalis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik katalis Ni-Mo/ZA dan Mo-Ni/ZA, kemudian diaplikasikan dalam proses perengkahan katalitik sampah plastik HDPE. Zeolit alam dari Wonosari digunakan sebagai pengemban. Aktivasi zeolit alam meliputi perlakuan dengan larutan asam dan larutan garam (HCl 6M dan NH4Cl 1N). Preparasi katalis Ni-Mo/ZA yaitu dengan cara mengembankan larutan garam logam (NH4)6Mo7O24.4H2O kedalam zeolit alam aktif, setelah itu dilanjutkan dengan mengembankan larutan garam logam Ni(NO3)2.6H2O ke dalam Mo/ZA. Untuk katalis Mo-Ni/ZA, pengembanan logam dimulai dengan larutan garam Ni(NO3)2.6H2O kemudian dilanjutkan dengan pengembanan larutan garam (NH4)6Mo7O24.4H2O ke dalam Ni/ZA. Perbandingan logam Ni : Mo yang diembankan ke dalam zeolit alam aktif yaitu 1 : 2. Kemudian dilakukan proses kalsinasi dengan gas N2 pada temperatur 500oC, oksidasi dengan O2 dan reduksi dengan H2 pada temperatur 400oC. Karakterisasi katalis meliputi penentuan distribusi logam bimetal Ni-Mo dengan Atomic Absorption Spectroscopy (AAS), keasaman dengan metode gravimetri, serta porositas dengan metode BET. Sampah plastik HDPE yang akan digunakan sebagai umpan perengkahan katalitik dipirolisis terlebih dahulu pada temperatur 550oC dengan bantuan gas N2. Produk cair dijadikan sebagai umpan, produk gas dan kokas diabaikan. Reaksi perengkahan katalitik dilakukan dalam reaktor semi alir pada temperatur 360oC ; rasio katalis/umpan 0,5 dengan aliran gas H2 (20 ml/menit). Proses reaksi selama 2 jam untuk masing-masing sampel katalis. Produk yang dihasilkan dianalisis menggunakan Gas Chromatography dan Gas Chromatography-Mass Spectroscopy. Hasil analisis produk cair menunjukkan aktivitas katalis terbesar dihasilkan oleh katalis Ni-Mo/ZA 5% b/b. Persentasi konversi produk sebesar 6,6299% didapatkan dari luas area GC produk terkondensasi. Hasil GC-MS menunjukkan bahwa produk perengkahan dengan menggunakan katalis Ni-Mo/ZA 5% b/b mengandung senyawa etil alkohol dan 2-propanon. Berdasarkan hasil penelitian maka distribusi logam bimetal Ni-Mo, jumlah logam teremban, dan keasaman katalis lah yang paling berpengaruh dalam proses reaksi perengkahan katalitik sampah plastik HDPE.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: zeolit alam; Ni-Mo/ZA; Mo-Ni/ZA; perengkahan katalitik; umpan sampah plastik HDPE
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 00:06
Last Modified: 28 May 2012 00:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12461

Actions (login required)

View Item View Item