Sintesis dan Pemanfaatan Membran Kitosan-Silika sebagai Membran Pemisah Ion Logam Zn2+ dan Fe2+


Rapierna, Atika, 4350407029 (2012) Sintesis dan Pemanfaatan Membran Kitosan-Silika sebagai Membran Pemisah Ion Logam Zn2+ dan Fe2+. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sintesis dan Pemanfaatan Membran Kitosan-Silika sebagai Membran Pemisah Ion Logam Zn2+ dan Fe2+]
Preview
PDF (Sintesis dan Pemanfaatan Membran Kitosan-Silika sebagai Membran Pemisah Ion Logam Zn2+ dan Fe2+) - Published Version
Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai sintesis membran kitosan-silika dan pemanfaatannya sebagai membran pemisah ion logam Zn2+ dan Fe2+ telah dilakukan. Membran kitosan-silika disintesis melalui proses sol gel dengan variasi konsentrasi kitosan dalam membran. Variasi membran kitosan-silika yaitu 1:1, 1,5:1, 2:1, 2,5:1, dan 3:1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik membran kitosan-silika ditinjau dari gugus fungsi, morfologi dan permeabilitasnya, mengetahui pengaruh konsentrasi kitosan terhadap permeabilitas dan selektivitas membran kitosan-silika, serta mengetahui efektivitas membran kitosan-silika dalam proses pemisahan ion logam Zn2+ dan Fe2+. Membran yang telah disintesis dikarakterisasi dengan spektrofotometri (Fourier Transform Infrared) FTIR dan metode Brunnaeur Emmet Teller (BET). Membran kitosan-silika juga dianalisis sifat swellingnya terhadap aquades, morfologinya dengan menggunakan SEM, serta pengukuran koefisien rejeksinya terhadap ion logam Zn2+ dan Fe2+. Karakterisasi FTIR menunjukkan adanya interaksi antara kitosan dan silika di dalam membran kitosan-silika. Analisis morfologi menggunakan hasil pencitraan SEM menunjukkan adanya pori-pori pada membran kitosan-silika. Hasil ini didukung dengan data analisis BET yang menunjukkan membran kitosan silika merupakan membran yang berpori. Hasil uji swelling terhadap akuades menunjukkan bahwa derajat swelling membran kitosan-silika lebih baik daripada membran kitosan. Pengukuran Koefisien Rejeksi yang menunjukkan selektivitas membran dilakukan pada proses pemisahan ion logam Zn2+ dan Fe2+. Komposisi terbaik membran kitosan-silika dalam memisahkan ion logam Zn2+ adalah 2,5:1 dengan nilai koefisien rejeksi 99,79%. Dalam pemisahan ion logam Fe2+ membran kitosan-silika 1:1 merupakan membran paling efektif dengan koefisien rejeksi 97,33%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membran kitosan-silika, membran pemisah ion logam
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2012 06:55
Last Modified: 28 May 2012 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12457

Actions (login required)

View Item View Item