Pengaruh Metode Pembelajaran Skrip Kooperatif Bermedia Handphone Java Os Bervisi SETS terhadap Prestasi Belajar Larutan Penyangga di SMA Negeri 2 Wonogiri.


Kurniawan,Eswahyudi, 4301407045 (2011) Pengaruh Metode Pembelajaran Skrip Kooperatif Bermedia Handphone Java Os Bervisi SETS terhadap Prestasi Belajar Larutan Penyangga di SMA Negeri 2 Wonogiri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Metode Pembelajaran Skrip Kooperatif Bermedia Handphone Java Os Bervisi SETS terhadap Prestasi Belajar Larutan Penyangga di SMA Negeri 2 Wonogiri.]
Preview
PDF (Pengaruh Metode Pembelajaran Skrip Kooperatif Bermedia Handphone Java Os Bervisi SETS terhadap Prestasi Belajar Larutan Penyangga di SMA Negeri 2 Wonogiri.) - Published Version
Download (154kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh data bahwa ketuntasan klasikal siswa materi larutan penyangga dari tahun ajaran 2009/2010 kurang dari 50 % dan aktivitas belajar siswa yang kurang optimal, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran serta sebuah media yang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode skrip kooperatif bermedia handphone Java OS bervisi SETS, sehingga siswa akan lebih mantap dalam penguasaan konsep. Permasalahan penelitian ini adalah apakah metode skrip kooperatif bermedia handphone Java OS bervisi SETS berpengaruh pada hasil belajar siswa, jika berpengaruh, seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode skrip kooperatif bermedia handphone Java OS bervisi SETS terhadap hasil belajar siswa serta seberapa besar pengaruhnya. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi mengenai besarnya pengaruh metode skrip kooperatif bermedia handphone Java OS bervisi SETS terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI-IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan metode skrip kooperatif bermedia handphone Java OS bervisi SETS dan kelas XI-IPA 2 sebagai kelas kontrol yang hanya mendapatkan pembelajaran metode skrip kooperatif dan praktikum. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 26 sedangkan kelas kontrol sebesar 24. Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif sesuai dengan koefisien korelasi biserial sebesar 0,3 dan koefisien determinsi sebesar 9% dengan kriteria pengaruh sedang. Pengaruh terhadap aspek afektif dan psikomotorik ditunjukkan secara deskriptif melalui rata-rata nilai kelas eksperimen yang lebih baik dari pada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode skrip kooperatif bermedia handphone Java OS bervisi SETS pada pencapaian kompetensi larutan penyangga berpengaruh pada hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: skrip kooperatif, handphone, SETS
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2012 02:55
Last Modified: 26 May 2012 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12447

Actions (login required)

View Item View Item