Pengaruh Penggunaan Media Buletin dengan Pendekatan Mastery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA Negeri 1 Banjarnegara.

Mubarok, Sahrul., 4301407035 (2012) Pengaruh Penggunaan Media Buletin dengan Pendekatan Mastery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA Negeri 1 Banjarnegara. Under Graduates thesis, Uneversitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Penggunaan Media Buletin dengan Pendekatan Mastery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA Negeri 1 Banjarnegara.) - Published Version
Download (30Kb)

    Abstract

    Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Banjarnegara kelas XI IPA tahun ajaran 2010/2011, diperoleh data bahwa ketuntasan klasikal siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kurang dari 85%, sehingga diperlukan media dan pendekatan yang tepat untuk menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media buletin dengan pendekatan mastery learning agar tiap siswa mendapat sebuah media pegangan yang ringkas dan mudah dipelajari untuk menunjang ketuntasan hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar pengaruh penggunaan media buletin dengan pendekatan mastery learning terhadap hasil belajar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media buletin dengan pendekatan mastery learning setelah dilakukan uji homogenitas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil uji ketuntasan belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kelompok eksperimen sebesar 96,88% dan kelompok kontrol sebesar 70,97%. Dari hasil observasi terhadap ranah afektif diperoleh nilai ratarata afektif siswa pada kelompok eksperimen mencapai 82,38%, sedangkan pada kelompok kontrol didapat rerata nilai afektif siswa mencapai 76,3226%. Dari hasil observasi terhadap ranah psikomotorik diperoleh nilai rata-rata psikomotorik siswa pada kelompok eksperimen mencapai 76,79%, sedangkan pada kelompok kontrol didapat rerata nilai afektif siswa mencapai 67,65%. Dari hasil angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran, siswa yang menjawab menarik dan menyenangkan sebesar 71,875% dan yang tidak merasa menyenangkan sebesar 6,25%. Siswayang menjawab merasa lebih mudah memahami materi pelajaran sebesar 68,05% dan 22% tidak merasa lebih mudah dalam memahami. Siswa yang menjawab lebih termotivasi untuk giat belajar sebesar 78,125% dan yang tidak merasa lebih termotivasi sebesar 18,75%. Dari hasil analisis perhitungan diperoleh bahwa penggunaan media buletin dengan pendekatan mastery learning mempengaruhi hasil belajar siswa materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan sebesar 38,44%.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: buletin, mastery learning, hasil belajar
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 25 May 2012 22:51
    Last Modified: 25 May 2012 22:51

    Actions (login required)

    View Item