Pengaruh Penggunaan Metode TPS Bervisi SETS dengan Pendekatan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kesetimbangan Kimia Siswa SMA Kesatrian 2 Semarang.
Sholeh, Moh. Ismail., 4301407023 (2011) Pengaruh Penggunaan Metode TPS Bervisi SETS dengan Pendekatan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kesetimbangan Kimia Siswa SMA Kesatrian 2 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Penggunaan Metode TPS Bervisi SETS dengan Pendekatan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kesetimbangan Kimia Siswa SMA Kesatrian 2 Semarang.)
- Published Version
Download (148kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh data bahwa ketuntasan klasikal materi kesetimbangan kimia siswa kelas XI SMA Kesatrian 2 Semarang tahun ajaran 2010/2011 kurang dari 50 % dan aktivitas belajar siswa kurang optimal, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran yang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode TPS bervisi SETS dengan pendekatan problem solving, sehingga penguasaan siswa terhadap materi kesetimbangan kimia lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode TPS bervisi SETS dengan pendekatan problem solving terhadap hasil belajar kesetimbangan kimia ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI-IPA. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling dengan sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas untuk masing – masing kelas. Sampel yang terpilih kelas XI-IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan metode TPS bervisi SETS dengan pendekatan problem solving dan kelas XI-IPA 2 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran metode ceramah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini metode dokumentasi, tes, dan angket. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi. Dari hasil uji ketuntasan klasikal diperoleh jumlah siswa tuntas di kelas eksperimen sebanyak 40 dari 44 siswa sedangkan pada kelas kontrol jumlah siswa tuntas sebanyak 30 dari 42 siswa Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif sesuai dengan koefisien korelasi biserial sebesar 0,4 dan koefisien determinsi sebesar 16% dengan kriteria pengaruh sedang. Pengaruh terhadap aspek afektif dan psikomotorik ditunjukkan secara deskriptif melalui rata-rata nilai kelas eksperimen yang lebih baik dari pada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode TPS bervisi SETS dengan pendekatan problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar kesetimbangan kimia siswa kelas XI-IPA SMA Kesatrian 2 Semarang
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TPS, Problem Solving, SETS |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 26 May 2012 02:31 |
Last Modified: | 26 May 2012 02:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12444 |
Actions (login required)
View Item |